Hutang kartu kredit yang menumpuk seringkali membuat penggunanya panik dan ketakutan. Namun selama ada niat baik untuk melunasi hutang pastinya akan ada jalan yang didapat ditempuh. Daripada kebingungan dan ketakutan karena hutang, lebih baik simak 5 cara pintar dalam melunasi kartu kredit berikut ini.

Berhenti Gunakan Kartu Kredit Untuk Sementara

Suatu tindakan untuk berhenti menggunakan kartu kredit adalah cara yang sangat penting dalam perencanaan untuk melunasi tunggakan dari utangnya. Berhenti memakai kartu kredit memang tak membuat bunga tagihannya akan berhenti. Tetapi minimal jumlah total tagihan bakal lebih kecil daripada terus-terusan menambah hutang.

Buatlah Skala Prioritas yang Mau Dilunasi

Cara ini memiliki perbedaan pada segi yang mana lebih diutamakan. Terlebih lagi  jika kasusunya memiliki dua kartu kredit atau lebih yang parahnya menunggak hutang. Mana yang terbaik menjadi pilihan, sebab yang paling tahu kondisi keuangan adalah diri sendiri.

Bayar Hutang dengan Berhutang yang bunganya lebih kecil

Cara ini diperlukan jika yang berhutang ingin segera lepas dari jeratan hutang kartu kredit yang makin mencekik. Pemilik kartu kredit dapat mencari pinjaman hutang untuk melunasi kartu kredit tersebut. Namun yang sangat perlu diingat yaitu pinjaman baru tersebut harus mempunyai bunga yang lebih kecil daripada bunga kartu kredit yang mau dilunasi.

Mencari Pemasukan Tambahan

Carilah kerja sampingan yang hasilnya bisa dipakai untuk menutupi hutang kartu kredit. Aktivitas mencari tambahan penghasilan bisa dilakukan ketika pulang kerja yang rutin ataupun weekend seperti menjadi driver ojek online, atau driver supir online.

Bernegosiasi Dengan Pihak Bank

Solusi ini dapat dilakukan ketika tak mempunyai pilihan yang lain. Bernegosiasilah dan mintalah pihak bank untuk melakukan refinance hutang kartu kredit. Salah satu alternative yakni dengan cara meminta bank untuk menghentikan penambahan bunga hutang, jadi jumlah hutang tidak semakin bertambah.

 
Keywords : menggunakan kartu kredit,tips menggunakan kartu kredit credit card