Selama pengguna kartu kredit masih membutuhkan pinjaman dari bank, maka pada tahap itu kredibilitas kredit sangatlah diutamakan. Tidak sedikit permohonan kartu kredit seorang ditolak oleh bank sebab yang bersangkutan dianggap tak mempunyai kredibilitas kredit yang bagus.

Berikut ini merupakan 4 tahapan membangun kredibilitas kredit yang baik supaya nantinya tak susah memperoleh pinjaman dari bank.

Melakukan pelunasan kartu kredit tepat waktu setidaknya kisaran tagihan minimal.

Biasakan membayar tagihan kartu kredit tanpa terlambat alias sebelum jatuh tempo. Bayarlah tagihan kartu kredit sebesar minimum payment supaya catatan kredit tidak merah. Sebaiknya bayarkan saja secara penuh seluruh tagihan kartu kredit jadi tak perlu terkena bunga.

Jangan berbelanja melebih kemampuan keuangan

Berbelanjalah sesuai dengan anggaran yang dibuat. Sekalipun berbelanja menggunakan dana pinjaman misalnya lewat kartu kredit, pastikan jumlah pengeluaran itu memang bisa ditanggun dengan penghasilan tanpa menjadikannya utang dalam jangka waktu lama.

Hindari memindahkan tagihan kartu kredit ke penerbit kartu kredit yang lainnya

Tindakan pemindahan tagihan kartu kredit pada bank lain hanya bisa menjadi pilihan jika memperoleh tawaran bunga kartu yang lebih rendah. Sama halnya dengan ketika mau membayar utang dengan utang baru, pastikan utang baru itu lebih rendah dan nilai cicilannya juga flat.

Perbaharui setiap perubahan alamat penagihan pinjaman

Apakah pinjaman berupa tagihan kartu kredit, KPR, ataupun KTA, tetap harus pastikan untuk selalu memperbaharui alamat penagihan pada saat terjadi perubahan. Dengan demikian, pengguna dapat selalu memantau kewajiban yang harus dibayar dan tak membuka risiko untuk terlambat membayar.

 
Keywords : kartu kredit limit,tips menggunakan kartu kredit,menggunaka kartu kredit