Over limit pada kartu kredit merupakan istilah ketika kartu kredit yang bersangkutan sudah melebihi batas kredit alias limit. Contohnya kartu kredit memiliki limit Rp 10 juta namun pengguna telah memakainya hingga Rp 11 juta maka hal tersebut dinamakan over limit.

Jika kartu kredit sudah terlanjut over limit, berikut merupakan tindakan yang harus dilakukan.

Bayar Tagihan Segera

Yang jelas, pengguna kartu kredit harus segera membayar tagihan kartu kredit itu sedemikian rupa jadi bulan depan tak terjadi over limit lagi. Lebih baik untuk membayar lebih besar dari nilai minimum untuk berjaga-jaga supaya tak terjadi over limit kembali.

Perhitungkan Sisa Tagihan Bulan Lalu Sebelum Transaksi Kembali

Perhatikan sisa dari tagihan pada bulan sebelumnya sesudah dikurangi pembayaran tagihan yang sudah dilakukan pada bulan itu. Cek berapa besar bunga yang bakal dikenakan pada sisa tagihan terhutang tersebut dan jumlahkan dengan sisa tagihan dan biaya-biaya lainnya. Pastikan penggunaa kartu kredit tak melebihi limit dari kartu kredit.

Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Mengurangi penggunaan kartu krdeit pada bulan selanjutnya, atau bahkan jangan dipakai dulu sama sekali hingga sisa limit kartu kredit itu cukup besar. Dengan demikian pengguna kartu kredit dapat terbebas dari kemungkinan over limit dan lebih leluasa untuk bertransaksi dengan kartu kredit tanpa takut over limit.

Buatlah perencanaan Pelunasan Kartu Kredit

Susun anggaran pengeluaran per bulannya dan bandingkan dengan pemasukan. Apabila memungkinkan, kurangi pengeluaran yang sebenarnya tak dibutuhkan dan sisihkan untuk melunasi tagihan kartu kredit. Tetapi yang harus di ingat bahwa janganlah habiskan seluruh pemasukan dengan melunasi kartu kredit sebab sangat perlu untuk menabung alih-alih ada keperluan yang tidak terduga. 

 
Keywords : kartu kredit limit,tips menggunakan kartu kredit,menggunaka kartu kredit