Pada saat mengajukan aplikasi kartu kredit, banyak yang hanya berpikir tentang cara memakai kartu kredit secara penuh ketika disetujui. Masih kurang yang mengetahui tentang syarat dan ketentuan pemakaiannya, terutama persoalan ‘bunga’.

Karena hanya sedikit yang memberi perhatian pada bunga, banyak pengguna kartu kredit yang salah dalam penggunaan kartu kredit. Ketika kesalahan terjadi, pastinya yang rugi adalah pengguna sendiri.

Berikut merupakan 3 kesalahan yang bisa dilakukan akibat tidak memperhatikan bunga kartu kredit.

Tidak mengetahui cara kerja bunga kartu kredit

Informasi mengenai cara kerja bunga kartu kredit selalu dikirim ke nasabah berbarengan dengan kartu kredit itu. Sebab itulah banyak yang mengabaikannya karena ingin segera menggunakan kartu kredit.

Maka dari itu, ketahuilah cara kerja dari bunga kartu kredit, misalnya tanggal jatuh tempo pembayaran, pembayaran minimum, transaksi penarikan uang tunai, dan lain-lain. Supaya tidak terbebani bunga yang muncul dalam tagihan per bulannya, maka hindarilah hal tersebut.

Tidak memperhatikan bunga ketika bertransaksi

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna kartu kredit yang di Indonesia biasanya melakukan gesek tunai. Padahal transaksi tersebut membuat tagihan kartu kredit makin naik. Tidak hanya harus membayar utang dari gesek tunai, para pengguna juga diwajibkan untuk melunasi bunga.

Terlebih lagi jika mempunyai kartu kredit lebih dari satu. Ketika kartu kredit yang satu limitnya telah habis, digunakanlah kartu kredit kedua untuk gesek tunai. Sehingga kartu kredit hanya dipakai untuk alat mudah digunakan berutang. Padahal kegunaan dari kartu kredit lebih dari hanya sekedar berutang.

Tidak mengetahui cara menghitung bunga

Berdasar dari surat edaran BI, besar suku bunga kartu kredit bulanan terbesar yaitu 2.95% sementara tahunan 35,40%. Setiap bank pastinya mengikutsertakan informasi perhitungan bunga pada situsnya. Sebagai pelanggan haruslah selalu memperhatikan detail dari informasi ini agar dapat berhati-hati dalam melakukan transaksi dan mencegah untuk memanipulasi data.

Selain itu, pengguna harus jeli dalam memperhatikan suku bunga yang dikeluarkan oleh bank. Agar para pengguna bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak dan tidak bakal membebani tagihan bulanan keuangan pengguna.

 
Keywords : penggunaan kartu kredit,tips menggunakan kartu kredit,kredit card