Kartu kredit dinilai cukup membantu dan mudah untuk digunakan bertransaksi.  Tetapi beberapa orang juga ada merasa repot dengan kartu kredit sebab tak tahu cara mengatur penggunaannya dengan tepat. Sebelum mengaktifkan kartu kredit yang telah diterima, sebaiknya memahami hal berikut ini supaya tak merasa rugi nantinya.

Waspada dengan bunga

Meminjam uang dari kartu kredit ataupun membeli barang yang cicil dengan bunga pasti akan menambah besar tunggakan tagihan nantinya. Maka dari itu, perhatikan selalu besaran dari bunga yang ditetapkan pada setiap transaksi.

Pembayaran tepat waktu

Sebagai pengguna kartu kredit, maka wajiblah untuk lebih disiplin dalam membayar tiap bulannya. Jangan menunda-nunda pembayaran ke bulan berikutnya sebab pada akhirnya harus tetap di bayar juga.

Perhatikan limit

Gunakan kartu kredit berdasarkan dengan kebutuhan. Apabila tak ada kebutuhan yang mendesak dan harus dibeli dengan kartu kredit, maka jangan digunakan. Pemakaian ini berkaitan dengan limit yang dimiliki setiap kartu, pasti tak harus dihabiskan limit yang ada tiap bulannya.

Jenis kartu kredit

Terdapat dua jenis kartu kredit yakni yang biasa dan secured. Kartu kredit ‘secured’ telah ada nominal tertentu yang dijadikan deposito. Jadi terdapat jaminan sekiranya nasabah tak membayar berdasarkan perjanjian. Lebih baik yang baru memakai kartu kredit memilih jenis ini karena lebih aman.

Bahaya untuk anak muda

Khususnya untuk yang masih belum memiliki penghasilan sendiri, memiliki kartu kredit dapat menjadi masalah yang besar. Rutinitas ke tempat belanja dan hiburan merupakan tempat yang sangat cepat mengeluarkan uang dengan kartu kredit. Jadi remaja butuh edukasi sebelum diberikan fasilitas kartu kredit dan lebih baik mendapat pengawasan terhadap pemakaiannya oleh orang tua. 

 
Keywords : tips menggunakan kartu kredit,limit kartu kredit