Tagihan kartu kredit yang akan datang per bulannya akan selalu dipenuhi oleh angka-angka. Isi tagihan tersebut dapat membuat pemilik kartu kredit, terkhusus mereka yang baru saja mempunyai kartu kredit jadi salah tafsir.

Padahal, tagihan itu sangatlah penting sebab berisikan bermacam informasi mengenai penggunaan kartu kredit. Berikut ini adalah panduan dengan tepat cara membaca tagihan kartu kredit.

Nomor rekening kartu kredit

Pastikan nomor kartu kredit sama dengan kartu kredit yang dimiliki. Sama halnya dengan identitas di kartu kredit, harus sama dengan identitas dalam tagihan kartu kredit. Jangan sampai tagihan yang diterima merupakan tagihan kartu kredit orang lain yang namanya hanya mirip atau alamatnya yang mirip.

Jenis serta nilai transaksi

Kemudian, perhatikan juga bagian transaksinya. Coba cek jenis transaksi, tanggal transaksi, dan nilai transaksi. Apa benar merupakan transaksi sendiri atau tidak. Apabila merasa tak pernah melakukan transaksi itu, maka laporkan ke bank penerbit kartu kredit. Potensi salah yang lain yakni pada nilai transaksi yang ada dalam tagihan sering lebih besar dari transaksi yang sebenarnya. Apabila masih menyimpan struk belanja, ini bakal mempermudah dalam memperbaiki kesalahan.

Tanggal jatuh tempo

Perhatian selanjutnya pada tanggal jatuh tempo. Ini merupakan tanggal yang terakhir untuk membayar tagihan yang terdapat di dalam surat/email tagihan.  Tanggal jatuh tempo ini sangatlah penting untuk pemilik kartu sebab apabila membayar setelah itu, maka akan terkena bunga kartu kredit beserta dendanya, berlaku sebaliknya.

Namun perlu diingat, bahwa tagihan itu bukanlah sisa tagihan sebelumnya, tapi tagihan yang dilakukan pada bulan yang sama ketika menerima tagihan kartu kredit.

 
Keywords : kartu kredit,bunga kartu kredit