Pulau Seram Utara di Timur Indonesia punya banyak pantai indah yang masih tak terjamah. Salah satunya adalah Pantai Air Belanda. Awalnya tidak sengaja ditemukan oleh rombongan pelaut Belanda saat mencari bahan rempah-rempah di Maluku. Namun sekarang pantai Air Belanda layaknya mutiara yang sangat indah. Bagi traveler akan sangat menyesal jika tidak sempat mampir ke tempat ini.

Lokasi dari pantai ini tidak jauh dari pantai yang terkenal di Seram Utara yaitu Ora Beach. Saat menjajakkan kaki di pantai ini, akan terasa pasir putih yang alami dengan keasrian yang masih terjaga. Sebelum sampai di Pantai Air Belanda, maka pengunjung akan terpesona dengan laut yang sangat bening dan tidak tercemar, serta indahnya terumbu karang yang masih sehat. Sangat unik dan langka, karena aliran sungai kecil berisi air tawar dari dalam hutan yang bersih, alami, dan sama sekali tanpa tercemar.

Kabarnya dahulu ada pelaut Belanda yang mendarat dan memasuki hutan untuk mencari air tawar. Usaha pencariannya pun berhasil dan sampai sekarang sumber mata air tersebut masih ada. Hanya kapal kecil yang aman untuk merapat karena pinggir pantai yang tidak dalam dan disebari oleh terumbu karang yang menawan. Hal tersebut tentunya akan membuat karang tidak rusak. Letaknya diteluk, menjadikan ombak pantai akan terasa tenang. Akan sangat puas berenang tanpa khawatir hanyut terbawa ombak, walau tetap harus hati-hati.

Memerlukan sehari menempuh perjalanan panjang dengan mengganti moda transportasi. Walaupun akan keletihan, namun semua akan sirna ketika melihat pesona laut bening dan keasrian alami yang masih terjaga.

 
Keywords : pantai air belanda,pantai sumatera,wisata pantai,jalan jalan murah,tiket murah