Bulan Februari, Juni, dan Agustus biasanya menjadi bulan yang akan diandalkan oleh HRD untuk mencari kandidar pekerja baru. Alasannya simple, banyak yang baru lulus, sehingga jumlah pencari kerja pasti akan lebih banyak.

Dari sejumlah pelamar kerja yang berkas atau orangnya datang ke meja HRD, selalu ada keanehan yang akan dijumpai tim HRD. Meskipun hal ini lucu, namun ini juga menjadi hal yang menyebalkan tentunya bagi HRD. Hal-hal apa saja yang menjadi kesalahan pelamar kerja, simaklah dibawah ini.

1. Mengirim surat lamaran dengan pencantuman nama perusahaan yang salah.

Sebelum mengirim surat lamaran, mohon periksa baik-baik ya guys. Terutama nama perusahaan, haruslah dicek apakah sudah benar atau tidak sebelum mengirimkannya.

2. Mengirim CV namun Surat Lamaran tidak ada

Biasanya hal ini paling banyak terjadi bila lamaran dikirimkan melalui email. Sebagian ada yang mengirimkan email secara mentah-mentah tanpa mengisi bagian subject pada email. Kalau sudah seperti ini, siapa yang akan baca lamaran kerjamu?

3, Pas foto yang mengandung unsur “alay”

Sebaiknya kalau mengirim lamaran, pas foto yang dikirim jangan terlalu banyak editan bright effect. Berposelah dengan standar. Menggunakan baju yang formal dan gunakan pas foto yang terbaru.

4. Lamaran kerja yang tidak diisi dengan lengkap

Beberapa perusahaan pasti akan memintamu untuk  mengisi formulir. Kewajibanmu adalah mengisi formulir tersebut dengan lengkap. Jika kamu tidak mengisi formulir dengan lengkap, maka perusahaan akan menganggapmu malas dan tidak niat mendapatkan pekerjaan tersebut.

5. UMR/UMK

Seoarang yang mencari kerja harus mengerti perbedaan UMR ataupun UMK. Setidaknya pelajarilah mengenai besaran yang berlaku di setiap daerahmu.

6. Datang wawancara, namun tidak tahu apa-apa tentang perusahaan tersebut

Ini masalah yang besar nih, seorang pelamar kerja harus memiliki bekal pengetahuan tentang perusahaan yang akan dilamar. Ini akan menunjukkan seberapa besar niatmu ingin masuk pada perusahaan tersebut.

7. Memberikan pertanyaan ke HRD tentang “gaji”

Kalau pelamar kerja sudah menanyakan soal gaji, percaya deh, para HRD akan berpikir bahwa kamu adalah orang yang hanya peduli mengenai uang buka mengenai pekerjaan yang diterima.

8. Terlalu Jaga Image “Jaim”

Kalau pewawancara menanyakan persoalan satu, jawablah dengan mengeksplor jawaban satu, jadi jangan terlalu ketat dengan satu hal, tapi fleksibel lah dalam menjawab pertanyaan. Tapi jangan terlalu berlebihan yah

9. Sombong

Untuk pelamar kerja, hindarilah sikap sombong. Jangan bersifat menggurui pewawancara. Jangan menyombongkan diri dengan cerita panjang lebar mengenai pengalaman kerja. Jangan ya…

10.  Mengirim surat dengan Amplop Warna-warni

Ini bukan surat cinta guys.. Jangan !

11.  Salah kostum

Ketahuilah pakaian apa yang akan kamu gunakan ketika ingin masuk ke suatu perusahaan. Jika kamu tahu kalau perusahaan tersebut bergaya santai, bukan berarti kamu akan menggunakan celana super pendek, kaos, dan pakai anting tindik disana sini yang berlebihan kan?.

12.  Tidak nyambung saat diajak ngobrol

Jangan kebanyakan bingung ya ketika diberikan pertanyaan oleh HRD supaya ngobrolnya nyaman dan nyambung.

13.  Cari kerjaan yang santai

Jujur dengan HRD sih, gak apa-apa. Tapi ketika pelamar kerja bertanya, “pekerjaan ini sibuk gak?”. Seketika pikiran HRD akan menyuruhmu untuk kerja dengan orang tuamu saja.

14.  Wawancara kerja tapi ditemani orang tua.

Jangan bawa orang tua pada saat melakukan pelamaran kerja, apalagi pada saat wawancara. Hal itu akan membuat HRD berpikir bahwa kamu adalah anak mami atau belum bisa mandiri. 

 
Keywords : tips wawancara,tips wawancara kerja,wawancara kerja,menghadapi wawancara