Mencari pekerjaan saat ini mungkin bisa dibilang adalah pekerjaan yang paling melelahkan, bahkan melebihi dari pekerjaan yang dilamar itu sendiri. Melewati hari demi hari tanpa ada kepastian yang jelas dari perusahaan yang dilamar. Penyebabnya adalah karena ada jutaan orang lain yang juga sedang berjuang mencari pekerjaan dan Anda harus senantiasa berkompetisi dengan pelamar lain dalam mencari pekerjaan.

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah orang yang menganggur (jobless) mencapai 7,56 juta orang hingga Agustus tahun 2015 lalu. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sekitar 4% dariperiode yang sama di tahun 2014.

Apabila dikategorikan menurut pendidikan, tingkat pengangguran masih didominasi oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebesar 12,65%, Sekolah Menengah Atas (SMA) sebesar 10,32%, Diploma sebesar 7,54%, Sarjana 6,40%, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 6,22%, serta Sekolah Dasar (SD) sebesar 2,74%.

Faktater sebut mengungkapkan bahwa daya serap tenaga kerja yang melemah di beberapa industri.

Akan tetapi dilain pihak, melamar pekerjaan impian sudah bukan hal yang mustahil. Hanya saja membutuhkan ketekunan dan sedikit usaha untuk bisa meraihnya.

Dewasaini, sudah sangat banyak cara berburu pekerjaan dengan memanfaatkan situs lowongan kerja. Terutama dikarenakan lowongan kerja tradisional berbentuk iklan baris di media cetak mulai jarang diminati, walaupun masih tersedia. Hal tersebut disebabkan karena proses lamaran yang sedikit membutuhkan usaha ekstra. Seperti mengirim lamaran via pos. Meskipun hingga kini, masih banyak perusahaan yang hanya mau menerima jenis lamaran fisik.

Walaupun sifatnya esensial, tetapi menilik perkembangan teknologi saat ini, perusahaan hendaknya menerapkan system lamaran kerja yang bersifat paperless. Terutama mengingat jumlah pelamar yang bisa mencapai ribuan orang.

Beberapa perusahaan besar bahkan menerapkan system lamaran secara online dimana pencari kerja mengisi form yang disediakan di situs perusahaan yang bersangkutan atau bahkan melakukan tes online.

Meskipun demikian, melamar pekerjaan secara online tentu tidak bisa disamakan dengan melamar kerja secara tradisional. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melamar pekerjaan adalah yang pertama pastikan CV Anda terupdate.

Hal-hal yang perlu disimak dalam membuat CV adalah pastikan seluruh data diri Anda termasuk background pendidikan serta pengalaman kerja ditulis dengan lengkap, dan yang terpenting, bisa dipertanggungjawabkan.

Banyak perusahaan membatasi size dari CV yang dikirim secara online, biasanya dibawah 1MB atau malah tidak boleh dari 100KB. Bukan apa-apa, tetapi karena ada ratusan bahkan ribuan lamaran yang dikirim melalui email dan apabila memiliki size yang terlalu besar maka akan mengakibatkan beban berlebih pada mail server perusahaan. Hasilnya bisa membuat seluruh pekerjaan orang lain menjadi terhambat.

Oleh karena itu, dalam CV sebaiknya tidak perlu menambah hasil scan ijazah, surat referensi, dan lain-lain yang dapat mengakibatkan ukuran file membengkak.

Namun apabila Anda perlu untuk melampirkan file yang besar seperti portofolio, Anda bisa menggunakan penyedia jasa penyimpanan online seperti Google Drive atau Dropbox dan menyertakan tautan pada CV yang Anda kirimkan.

Ada baiknya pada CV Anda perlu diberikan daftar prestasi Anda selama bekerja, seperti pencapaian sales yang signifikan, dan sebagainya. Sementara bagi fresh graduate, mungkin bisa dengan menambahkan pengalaman berorganisasi atau magang. Hal ini penting agar perusahaan yang Anda lamar dapat mengetahui kepribadian Anda apakah cocok dengan budaya perusahaan.

Selain itu pastikan juga isi dalam CV Anda sudah benar dan pada surat pengantar yang Anda tulis sudah benar mencantumkan nama perusahaan yang dituju. Memang bagi sebagian besar orang yang melamar pekerjaan secara bertubi-tubi ke berbagai perusahaan, terkadang lupa mengganti nama perusahaan pada surat pengantar. Tetapi hal kecil seperti itu yang terkadang membuat perusahaan enggan mempertimbangkan CV Anda, apalagi mengundang untuk tes atau wawancara.

Anda juga harus memastikan bahwa identitas online Anda termasuk bersih dari segalahal yang berbau negatif. Perlu diperhatikan, perusahaan seringkali mengecek Anda melalui media social seperti Facebook atau Twitter. Jadi hindari memposting sesuatu yang dapat membuat Anda dicap negative oleh perusahaan.

Akan tetapi media social juga kadang berguna sebagai barometer karier dan profisiensi seseorang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, ‘menghias’ CV sebaik mungkin akan memberikan poin ekstra pada lamaran Anda. Memanfaatkan media social khusus pekerjas eperti LinkedIn bisa menambah kredibilitas Anda sebagai calon pekerja. Apalagi jika Anda memiliki banyak koneksip ada LinkedIn. Jangan lupa untuk mencantumkan link profil LinkedIn Anda pada CV yang akan dikirim.

Para calon pekerja yang ingin melamar pekerjaan via online biasanya mengutamakan situs pencari kerja untuk dapat mengirimkan CV-nya. Meskipun pada beberapa perusahaan sering mencantumkan daftar posisi pekerjaan yang lowong pada situs resminya. Namun mengumpulkan daftar lowongan dengan cara tersebut agak melelahkan dan memakan waktu.

Saat ini sudah banyak situs pencari kerja online yang tersedia di Indonesia. Salah satunya adalah Jooble. Jooble sendiri merupakan job aggregator atau pengumpul lowongan pekerjaan dari ratusan situs yang kemudian ditampilkan dalam satu situs. Jadi Anda tidak perlu susah payah mengecek ke puluhan situs pencarikerja yang ada. Anggap saja Jooble ini seperti mesin pencari Google untuk lowongan pekerjaan. Saatini, Jooble sudah beroperasi di lebih dari 62 negara dan melayani lebih dari 26 juta pencari kerja setiap bulannya.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Jooble termasuk lengkap, seperti fitur filter yang memudahkan pencarian lowongan kerja berdasarkan preferensi yang Anda inginkan. Seperti letak kota, waktu postingan, jumlah gaji, serta jenis pekerjaan. Bahkan Jooble juga memuat postingan lowongan kerja yang bersifat freelance.

Para calonpekerjabaik yang berpengalamanmaupunfresh graduate tidak perlu terlalu pesimis dalam hal mencari pekerjaan baru. Anda hanya perlu memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekeliling Anda dan selalu menunjukkan yang terbaik. Ingat selalu bahwa usaha tidak pernah membohongi hasil. Nah, selamat mencari!

 
Keywords : lowongan pekerjaan online,web loker,situsloker,daftar lowongan kerja,website lowongan kerja terpercaya,lamaran kerja online