Windows sudah lama terkenal dengan sebutan raja sistem operasi, sebab tingkat adopsinya yang terhitung sangat tinggi, namun tahta tersebut mulai terusik.

Pengusiknya adalah Android yang merupakan sistem operasi ponsel canggih buatan Google yang sudah populer dan digunakan oleh banyak orang.

Menurut StatCounter (situs analitik), Android mendapatkan pangsa pasar sebesar 37,4% dari semua orang yang terhubung ke internet per Februari tahun ini. Sedangkan Windows memperoleh 38,6 % dari jumlah orang yang terhubung ke internet diwaktu yang sama.

Hal ini membuktikan bahwa ada selisih 1,2% antara statistik Android dengan Windows. Kemudian iOS milik Apple menempati urutan ketiga dengan meraih pangsa pasar 12,99% dari pengakses internet.

Cullen mengungkapkan bahwa kondisi ini diakibatkan pertumbuhan  pasar ponsel canggih dan tablet di seluruh dunia. Utamanya yang terjadi dinegara berkembang.

Statistik StatCounter mengukur pangsa pasar sistem operasi berdasar dari penggunaan internet. Perusahaan ini tidak memperhitungkan total pengapalan dari sebuah perangkat.

 
Keywords : jumlah pengguna smartphone,jumlah pengguna internet,android vs windows