Eksis di media sosial, chatting, selfie, hingga bermain game keren bisa dilakukan di ponsel canggih sekarang. Jadi tak heran kalau banyak orang yang rela berjam-jam menggunakan ponsel sampai lupa waktu.

Walau demikian, hal ini bukan sesuatu yang baik untuk menggunakan smartphone sangat lama. Karena tidak dapat terelakkan bahwa ponsel canggih juga bisa membahayakan pengguna.

Berikut adalah 5 hal yang bisa dialami ketika menggunakan smartphone terlalu lama. Bukankah sesuatu yang berlebihan memang tidak baik?

1. Insomnia

Cahaya dari layar ponsel akan mengeluarkan radiasi warna biru yang akan membahayakan mata. Selain membuat mata mudah lelah, radiasi biru ini akan membuat pengguna selalu merasa gelisah. Selanjutnya akan membuat insomnia. Maka hindarilah menatap layar ponsel yang menyala dalam waktu lama.

2. Mata tegang

Ketika asyik chatting atau main game, mata akan tidak terlepas dari layar ponsel. Jika terus menerus menatap layar makan akan mengakibatkan mata tegang dan berakibat mengurangi daya pandang.

3. Penuaan dini

Bukan hanya asap rokok, ahli penyakit kulit juga menyebutkan bahwa jika terlalu lama menatap layar ponsel juga akan mengakibatkan terjadinya penuaan dini. Alasannya akan muncul kerutan dini pada kulit leher, rahang, dan bagian atas tulang leher menjadi melorot.

4. Gangguan tulang belakang

Berat kepala manusia adalah sekitar 4-5 kilogran. Jika menggunakan ponsel terus menerus sambil menunduk, maka pastinya akan membuat tulang leher dan punggung menjadi kaku.

5. Merasa kesepian

Bukan hanya memberikan dampak negatif bagi tubuh manusia, penggunaan ponsel canggih akan memberikan dampak psikologis. Hal ini akan membuat pengguna menjadi tenggelam di dunia maya dan akan mudah merasa kesepian.

Penggunaan ponsel akan membuat pengguna mengabaikan keadaan sekitar sehingga akan dijauhi oleh teman dan lebih selalu memperhatikan ke media sosial.

Jadi gunakan ponsel sesuai dengan kebutuhan secara wajar saja, sehingga tidak terkena dampak negatif yang akan memperburuk keadaan pengguna.

 
Keywords : bahaya gadget,bahaya smartphone,menggunakan smartphone,kesehatan