Faktor keamanan pada perangkat teknologi terutama pada ponsel canggih, semakin hari, semakin dibutuhkan. Walaupun ponsel telah dibekali dengan password yang sangat rumit ataupun pindai sidik jari, tetapi saluran yang digunakan bukan berarti aman-aman saja.

Lantas, adakah cara untuk mengecek komunikasi yang digunakan aman dari telinga-telinga tukang sadap ? tentu saja ada. Simak dua cara sederhana untu memeriksa ponsel disadap atau tidak.

Pertama, kode mengecek penyadap yaitu *#21

Kode rahasia ponsel pintar ini berguna untuk mencari tahu apakah pengalihan telepon aktif atau tidak pada ponsel. Jika pengguna tidak merasa mengaktifkan pengalihan panggilan namun layanan ini aktif, maka tentu bisa dipastikan bahwa ada pihak yang sedang menyadap ponsel tersebut.

Untuk kode smartphone, silahkan mengecek dengan mengetik *#21#, lalu klik tombol Call. Akan muncul keterangan apakah layanan panggilan ponsel aktif atau tidak.

Kedua, kode untuk menghentikan penyadap yaitu ##002

Bukan hanya untuk mengetahui status pengalihan panggilan, pengguna juga harus bisa membatalkan pengalihan panggilan pada smartphone. Dengan melakukan hal tersebut, maka penyadap tidak akan mampu mengetahui panggilan yang masuk ke smartphone pengguna.

Untuk menghentikan penyadap, cukup dengan men-dial ##002#. Tunggulah sampai proses MMI berjalan hingga selesai.

Jadi, untuk mengetahui ponsel disadap atau tidak, tidak perlu menghubungi operator. Tapi lakukanlah kedua langkah mudah diatas. Selamat mencoba !!

 
Keywords : menghindari telefon disadap,phone hacked,kemanan data telefon