Penduduk Afganistan bakal secepatnya merasakan akses gratis Wikipedia di ponselnya. Hal ini terjadi berkat adanya sebuah inisiatif antara sebuah perusahaan ponsel dengan ensiklopedia dalam jaringan tersebut.

Kisaran delapan juta orang, sebagian besar tinggal di kota besar Afganistan, mempunyai akses internet naik dari hampir tak ada selama masa represif Taliban pada tahun 1996-2001. Namun, data seluler pada negara Afganistan dapat dikatakan mahal. Hal ini menciptakan kesan bahwa mengakses informasi pada sejumlah raksasa web misalnya Wikipedia merupakan suatu hal mewah yang cuma bisa dirasakan oleh segelintir orang.

Wikipedia Foundation yang menjalankan Wikipedia melakukan kerja sama dengan salah satu perusahaan ponsel di Afganistan, Roshan namanya. Sehingga membuat setiap orang dapat mengakses gratis ke situs itu selama setahun yang diawali pada bulan ini.

Altaf Ladak selaku Wakil CEO Roshan mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Wikipedia Foundation demi memperluas akses terdepan demi menggali informasi dan pengetahuan, terutama untuk pemuda Afganistan yang terdiri dari hampir dua pertiga populasi.

Roshan menganggap program dengan nama ‘Wikipedia Zero’ itu pertama kali dirilis di negara berkembang lain di tahun 2012 yang merupakan kunci dari pembangunan di Afganistan.

 
Keywords : afganistan,Wikipedia,wiki afganistan,jalan jalan afganistan