Twitter tengah menguji coba fitur hemat data yang sempat diumumkan baru-baru ini. Kali ini, perusahaan basis California tersebut mencobanya pada aplikasi mobile, seusai sebelumnya lewat versi website. Ide untuk memunculkan layanan hemat data tersebut demi menjangkau negara-negara yang berkembang dan masih susah terkait kecepatan internet.

Sama dengan versi mobile, aplikasi Twitter Lite ini adalah eksperimen dan perusahaan sedang memikirkan untuk membawa aplikasi itu ke pasar lain. Twitter Lite mengikutsertakan fitur penghemat data jika diaktifkan. Fitur ini memungkinkan aplikasi hanya memuat gambar dan video. Bahkan dalam penggunaan normal, aplikasi ini didesain agar memakai data selular seminimal mungkin.

Hal ini mengacu pada negara yang kenyataannya masih banyak terdapat koneksi internet pada jaringan 2G/3G. Dengan ukuran fila dibawah 3 MB, pengguna juga tidak perlu khawatir bakal kehabisan memori internal. Keadaan itu seringkali ditemukan di negara berkembang, dimana koneksi internet tak kencang dan handset yang banyak terjual ada pada kelas low-end dengan kapasitas penyimpanan yang sempit.

Twitter Lite sudah ada di toko aplikasi Play Store. Tetapi sayangnya, uji coba ini hanya ada di negara Filipina. Pasalnya Filipina mempunyai jaringan seluler yang lamban dan data super mahal, sedangkan perangkat selulernya mempunyai penyimpanan yang terbatas namun masih sangat terkenal di sana. Masih belum diketahui kapan aplikasi ini juga menyambangi Indonesia. 

 
Keywords : twitter,update twitter,aplikasi twitter,saham twitter