Anak pada zaman teknologi canggih ini memang sangat mahir menggunakan internet walaupun masih sangat muda. Anak akan mudah menjelajahi internet dengan hanya meminjam ponsel orang tua lalu menyambungkannya dengan internet.

Canggihnya teknologi internet bagaikan pisau yang memiliki mata dua. Ada hal postif namun ada pula hal negatif. Pastinya para orang tua tak mau anaknya memperoleh hal negatif dengan berinternet misalnya melihat konten dewasa ataupun kriminilitas. Maka dari itu, berikut ini beberapa cara jitu agar internet menjadi aman untuk anak versi Google.

Komunikasi dengan anak

Beritahu kepada anak kapan saja waktu yang dapat digunakan untuk bermain internet. Setiap keluarga tentunya memiliki aturan yang tak sama.

Temani anak dalam berinternet

Ketika anak memakai internet, lebih baik orang dewasa ikut menemani. Sebab orang tua bisa mencegah anak dalam melihat konten-konten yang tak baik.

Taruh komputer ataupun laptop di pusat

Sama halnya dengan ponsel, komputer berinternet pun dapat memperoleh hal positif dan negatif. Maka dari itu, lebih baik komputer ditaruh pada tempat pusat supaya dapat diketahui siapa dan apa saja yang sedang dikerjakan.

Optimalkan pengaturan internet

Salah satu hal utama yakni pengaturan internet pada peralatan. Jadi sebaiknya para orang tua mengatur ponsel ataupun komputer dengan settingan untuk aman berinternet ataupun YouTube pada aplikasi.

Ajarkan peduli

Penting untuk orang tua memberi pengajaran kepada anak untuk menghargai privasi orang lain sebelum mengupload sesuatu ke internet. Contohnya menanyakan kepada orang terkait apakah boleh mengupload foto bersama ke media sosial.

 
Keywords : internet,internet anak,menjaga anak dari internet