Muculnya e-commerce dikatakan menjadi penyebab lemahnya penjualan pada pusat perbelanjaan. Walaupun tak dapat dinyatakan salah, menjadikan toko online sebagai kambing hitam jelas tindakan yang kurang tepat.

Ari Kuncoro selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI mengungkapkan bahwa selain adanya peralihan transaksi jual beli dari toko retail fisik ke onlinie, terdapat gaya hidup dari masyarakat yang juga sangat berpengaruh besar pada fenomena lemahnya retail.

Ari menambahkan bahwa belum pasti juga ada e-commerce. Jika mengecek data produksi, bila data tersebut bertumbuh makan ada pergeseran dari retail menuju online. Namun kenyataannya, produksi melambat alias turun maka dia pindahnya bukan ke arah online melainkan pembelian yang lain.

Gaya hidup yang dimaksud yakni masyarakat sekarang ini cenderung mau terlihat lebih bergengsi. Mereka memilih mengalokasikan dana untuk berjalan di mal, ataupun makan di restoran yang mahal. Kemudian mereka tak memiliki lagi alokasi dana untuk pembelian yang lain.

 
Keywords : belanja online,belanja online murah,tips belanja online,tips aman transaksi online