Doodle merupakan perubahan logo Google yang menyenangkan, spontan, dan mengejutkan untuk merayakan liburan dan peristiwa-peristiwa penting serta peringatan atas kehidupan para pelopor, ilmuwan terkenal, dan seniman.

Google kini kerap memunculkan Doodle animasi atau sebuah ilustrasi yang unik dan menggemaskan di halaman utama mereka.

Lalu bagaimanakah sejarah pertama kali Google Doodle muncul?

Doodle yang diterapkan di Google pada dasarnya lahir sebelum perusahaan didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Pada saat itu, Doodle digunakan untuk menetapkan logo untuk perusahaan. Awalnya Sergey dan Larry menaruh gambar orang pada belakang huruf “O” kedua dalam kata Google. Walaupun terasa sangat sederhana, namun logo tersebut digunakan untuk merayakan acara penting terlahir sejak saat itu dengan diawali pada hari Bastile. Penyambutan hari Bastile bertepatan setelah dua tahun Google beroperasi pada tahun 2000.

Larry dan Sergey menginginkan webmaster Dennis Hwang yang pada saat itu masih intern untuk membuat Doodle pada hari Nasional Perancis tersebut. Pembuatan Doodle di halaman utama Google tersebut ternyata disambut baik oleh pengguna Google. Karena berhasil menarik pengguna maka Google pun menunjuk Dennis sebagai pembuat Doodle utama di Halaman Google.

Pertama, sebagian besar Doodle dibuat hanya untuk merayakan hari-hari nasional yang bersifat umum. Namun saat ini, Google menggunakan Doodle lebih luas dengan menerapkan Doodle pada Google dengan tema berbagai macam peristiwa dan hari jadi. Semakin hari peningkatan permintaan Google Doodle semakin besar terutama di Amerika Serikat dan dunia Internasional.

Google sendiri kini telah menerapkan Google Doodle lebih dari 2000 Doodle yang ditampilkan di halaman utama melalui diskusi oleh sekelompok karyawan yang terpilih.

Pada diskusi, mereka juga memutuskan hari apa atau acara apa yang akan dibuat Doodle. Selain ide berasal dari karyawan, nampaknya Google juga ingin agar pengguna turut serta dalam memberikan pendapat serta ide Doodle yang akan diisi di halaman utama Google setiap harinya. Jika pengguna berminat menuangkan ide, Google akan menerimanya melalui email proposals@google.com.

 
Keywords : google doodle,google doodle adalah,google doodle hari ini