Bagi pemilik bisnis online baik melalui web, blog dan konten jual beli lainnya, memiliki email list merupakan sebuah kepentingan dalam menjalankan transaksi dan proses jual beli secara online. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya email list dapat memberikan tingkat konversi dan ROI yang tinggi. Tidak seperti sosial media lain, postingan email list tidak akan tertutup oleh postingan orang lain atau yang terbaru, dan tidak terfilter oleh algoritma.

Bagaimana untuk terus dapat terhubung dengan costumer menjadi tantangan saat menggunakan email list. Adanya kelebihan dan tantangan dalam memanfaatkan email list dalam penjualan memberikan gambaran bagaimana peluang dan potensi yang didapat kedepannya, jika Anda mulai tertarik dengan email list dalam penjualan berikut ini langkah membuatnya.

1.   Membuat akun Marketing Tool

Langkah awal membangun email list penjualan adalah memilih provider. Marketing tool umumnya memberikan 3 pilihan provider bagi pemula yaitu MailChimp, Aweber, dan Get Response. Jika Anda adalah seseorang yang masih baru dan memiliki bisnis yang kecil maka pilihan Mail chimp cocok digunakan. Aweber bisa dijadikan pilihan karena dikenal dengan sistem marketing tool yang memiliki autoresponder baik, sedangkan GetResponse dijadikan pilihan karena memiliki fitur import link, video, dan thumbnail sosial media lainnya dengan mudah.

2.   Daftar

Setelah memilih provider dari marketing tool, daftarkan email list penjualan Anda dengan cara klik sign up lalu masukkan data-data yang ada. Konfirmasi pada e-mail yang digunakan

3.   Membangun Email list

Formulir pendaftaran bisa didapatkan dengan cara manual, menggunakan plugin pada wirdpress, atau meminta bantuan dari web developer. Nantinya formulir pendaftaran ini akan digunakan untuk mereka yang berkunjung pada web Anda.

4.   Membuat campaign

Ada 4 pilihan untuk mengkampanyekan email list yaitu regular berupa email standar untuk pelanggan, plain text berupa email polos,A/B Split berupa pengiriman email dengan 2 judul yang berbeda dengan tujuan mengetahui mana yang baik, dan RSS driven yang secara otomatis dapat mengirimkan email pada pelanggan setiap ada konten baru di Web.

 

Pada dasarnya dengan membangun email list keterjangkauan dan akses, serta interaksi kepada pelanggan diharapkan lebih sering sehingga email list dapat meningkatkan penjualan. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menggunakan email list adalah selalu berikan pelayanan dan penawaran terbaik dan selalu terhubung dengan costumer.

Untuk selalu terhubung dengan costumer pastinya akan memerlukan data internet yang lebih karena Anda akan lebih sering mengecek email list dan web, jika kondisi terburuk terjadi seperti kehabisan paket data, kini Anda dapat menggunakan aplikasi beli dan bayar Devastpay untuk membayar paket data Anda.

 
Keywords : email list dalam penjualan,membangun email list penjualan,aplikasi beli dan bayar Devastpay,membangun email list