Kuliner nusantara adalah salah satu aset dan kekayaan bangsa. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang menggugah selera.

Ragil Imam Wibowo salah satu koki yang wajahnya sering muncul di layar televisi ini hobi menggali kekayaan kuliner Nusantara ini sering menjajal daerah terpencil Indonesia untuk menjajal kuliner lokal.

Ragil mengatakan setiap daerah memiliki keunikan masin-masing. Dari masakan kita bisa menggambarkan apa yang terjadi di daerah tersebut.

Ragil juga mengatakan rata-rata masakan lokal memiliki pengaruh dari bangsa lain. Seperti dari makanan daerah Indonesia bagian barat, Ragil melihat kawasan itu banyak terpengaruh budaya India, Timur Tengah dan sedikit Portugis sedangkan di daerah Indonesia bagian timur, Ragil melihat pengaruh budaya Portugis dan Spanyol.

Kedatangan pedagang China dan Laksamana Cheng Ho juga membari pengaruh terhadap masakan di Indonesia.

Ragil juga mengatakan Maluku dulu penghasil rempah-rempah tetapi masakannya justru tidak ada rempah-rempahnya. Sementara itu, Aceh yang jadi daerah perdagangan rempah-rempah memiliki masakan yang kaya rempah dan bumbu.

Ragil juga menerangkan kalau makanan di Indonesia adalah melting pot. Dan makanan yang otentik kalau di sebutkan hanya ada 10 jenis masakan saja.

Makanan yang menggunakan keluak seperti rawon dan brongkos, tidak pernah ia lihat di tempat lain. Begitu pula gudeg dan tempe serta kecap manis.

"Kecap manis juga ada pengaruh budaya China, kecap asin, tetapi di luar tak ada yang menjual kecap manis. Kita ini sangat beragam, makanan juga beragam," tambah Ragil.

 
Keywords : masakan lokal,masakan khas indonesia,masakan indonesia,pecel,nasi goreng