Diet Mediterania sudah dikenal luas bermanfaat untuk kesehatan. Baru-baru ini diet ini dikonfirmasi sebagai diet terbaik untuk menurunkan berat badan.

Menurut beberapa Studi Harvard Medical, diet Mediterania ini merupakan yang paling efektif menurunkan berat badan dibandingkan diet rendah lemak, diet rendah karbohidrat dan diet American diabetes Association (ADA).

Menu makanan yang kaya akan vitamin dan serat seperti buah, sayur, biji-bijian, minyak zaitun, kacang-kacangan, sedikit daging, susu dan telur, pola makan ini juga bagus untuk kesehatan jantung, mata dan juga fungsi otak.

Sekitar 998 orang peserta penelitian yang memiliki berat badan yang berlebihan menerapkan diet Mediterania ini selama setahun berhasil menurunkan berat badan antara 4 hingga 10 kg. Tidak hanya diet rendah karbohidrat, diet ADA juga memberikan hasil penurunan berat badan sementara diet rendah lemak berhasil menurunkan antara 3 hingga 5 kg.

Diet Mediterania merupakan pilihan yang tepat karena selain ampuh untuk menurunkan berat badan cara ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan jantung.

Dalam menjalankan diet ini, setiap hari kita perlu mengkonsumsi banyak sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan dalam porsi yang lebih banyak daripada porsi daging atau protein nabati lainnya. Sementara itu, makanan mengandung pemanis dibatasi konsumsinya.

 
Keywords : diet mediterania,diet sehat