Agar investasi yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal, maka dalam memilih jenis investasi harus dilakukan sebaik mungkin. Pertimbangkan segala hal untuk menghindari setiap resiko buruk yang terjadi. Berikut ini adalah 10 tips memilih ivestasi yang bisa anda jadikan referensi.

Pertama, jika anda menginvestasikan uang maka tentukan berapa banyak uang yang akan anda investasikan. Ini untuk mengetahui jenis investasi yang bisa anda pilih apakah jenis investasi jangka panjang atau pendek.

Cara memilih investasi kedua adalah menentukan berapa lama uang akan diinvestasikan. Ini menyangkut keuangan anda. Untuk menghindari fluktiasi yang tidak pasti anda bisa melakukan investasi 5 tahun saja. Ketiga, tentukan untuk apa uang anda akan digunakan. Jika akan digunakan untuk pendidikan anak maka anda bisa memilih investasi jangka panjang.

Keempat, apakah investasi itu adalah sumber penghasilan anda? Jika ia anda harus memilih produk yang tepat seperti dana pensiun, obligasi koperasi atau anuitas. Tips memilih investasi terbaik kelima adalah mempertimbangkan usia. Jika usia anda sudah cukup tua maka sebaiknya anda gunakan investasi jangka pendek begitupun sebaliknya untuk dapatkan hasil terbaik.

Keenam, lihat kondisi anda. Bagi anda  yang sedang memiliki banyak tanggungan seperti anak yang masih sekolah maka sebaiknya pilih investasi jangka panjang untuk menjamin pendidikan anak anda. Namun jika sudah tidak ada tanggungan anda bisa memilih yang jangka pendek. Ketujuh, apakah anda memiliki investasi lain? Jika ia maka anda bisa mengambil resiko lebih tinggi atas investasi anda. Namun jika masih permulaan sebaiknya pilih yang renda resiko.

Kedelapan, tentukan tujuan anda. Jika anda sudah memiliki tujuan pasti akan investasi tersebut maka jangan takut untuk mengambil resiko tinggi atas investasi yang telah anda pilih. Kesembilan, pertimbangkan resikonya. Ini adalah cara memilih investasi terbaik untuk mengetahui segala kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang.

Kesepuluh, lihat faktor kemudahannya. Jika anda menjadikan investasi tersebut untuk digunakan dalam segala waktu darurat maka pilih jenis investasi yang mudah cair dananya. Sedangkan jika digunakan untuk jaminan masa mendatang maka tidak masalah memilih jenis investasi yang sulit dicairkan dananya.

Itulah beberapa tips memilih ivestasi yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk dapatkan jenis investasi terbaik yang menguntungkan anda di masa yang akan datang.

 
Keywords : Tips memilih ivestasi,Memilih jenis investasi,Cara memilih investasi,Memilih investasi terbaik