Masa pensiun seharusnya sudah dipersiapkan sejak dini, contoh sederhanya dengan memiliki tabungan pensiun dan berinvestasi. Jika telah melakukan persiapan matang, pastinya akan lebih tenang saat pensiun datang.

Namun terdapat deretan hal yang dilakukan sebagai persiapan saat masa pensiun sudah  didepan mata. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan menurut ulasan DavestPay, antara lain:

Segera Lunasi Hutang

Utang bakal menjadi beban yang sangat memberatkan pada saat pensiun. Ketika masih bekerja, kita masih memperoleh penghasilan rutin demi membayar cicilan. Tetapi ketika pensiun datang, kita tak akan dapat lagi mengandalkan gaji bulanan. Keuangan harus dapat dikelola sebaik-baiknya agar tak kebobolan. Dibanding menanggung resiko kebobolan karena hutang, sebaiknya usahakan untuk melunasinya sebelum pensiun.

Manfaatkan Aset Menganggur

Aset yang tak terpakai diubah menjadi uang saja, contohnya peralatan elektronik ataupun furnitur yang telah tak dipakai. Aset menganggur, misalnya tanah atau rumah pun wajib dimaksimalkan, seperti dengan menyewakan aset itu. Dana dari pemanfaatan aset menganggur ini akan bermanfaat untuk menambah kekuatan finansial jika pensiun nanti. Bukan hanya itu, dapat membuat rumah semakin rapi sebab barang tak terpakai sudah keluar.

Cari Penghasilan Alternatif

Pikirkan jika pensiun nanti, apakah tabungan pensiun sudah cukup atau belum. Jika tidak, maka harus ada penghasilan alternatif. Seperti dengan merintis usaha toko ataupun restoran, bisa juga dengan mengerjakan pekerjaan paruh waktu. Jadi haruslah lebih teliti memikirkan rencana mencari penghasilan alternatif sebab bila memerlukan modal besar, bisa-bisa dana pensiun dapat tersedot sampai tak bersisa.

 
Keywords : davestpay,tipsdavestpay,pensiunbahagia,bahagiaharitua,pensiunan,siapkanpensiunan,pembayaranonline,aplikasipembayaran,tipsdantrik,pakaidavestpay