Walau usia masih muda, bukan berarti memikirkan masa pensiun tak perlu. Mempersiapkan masa pensiun pastinya memerlukan pertimbangan serta perencanaan yang betul-betul matang. Mempersiapkan masa pensiun bukan  hanya tentang apa yang ingin dilakukan ketika masa pensiun. Terlebih lagi biaya untuk pensiun juga sangat perlu dipikirkan. Banyak orang yang mulai menabung untuk masa pensiun yang lebih baik.

Tetapi sebagian besar orang memakai jalan investasi demi mempersiapkan masa pensiun. Cara ini sangat efektif sebab bakal tetap memperoleh pemasukan di masa pensiun kelak. Terdapat banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Misalnya properti, emas, saham, reksadana, deposito, dan lainnya.

Berikut ini beberapa investasi yang tepat dalam mempersiapkan masa pensiun secara tepat, antara lain:

Obligasi Negara Ritel

Investasi jenis ini mempunyai risiko yang lumayan rendah, bahkan bisa dinyatakan bebas dari risiko yang merugikan. Obligasi negara ritel merupakan surat pengakuan utang dalam jangka panjang lebih dari 12 bulan yang mana diterbitkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang lalu dijual untuk masyarakat.

Investasi Properti

Investasi pada bentuk properti juga bakal sangat menguntungkan pada masa pensiun. Salah satu jenis dari investasi properti yang sangat banyak dilakukan yaitu dengan menyewakan properti itu. Jadi dari penyewaan tersebut, maka pendapatan akan lebih stabil walau bakal terkena biaya perawatan.

Deposito Berjangka

Jenis dari investasi ini mempunyai risiko yang rendah sebab nilai pokok dari uang yang diinvestasikan cukup terjaga. Jenis investasi ini hampir sama dengan tabungan. Namun deposito mempunyai nilai bunga yang lebih tinggi daripada dengan tabungan. Tetapi pengambilan uang deposito ini ditetapkan oleh pihak bank atau berdasarkan dari tanggal jatuh tempo. Tetapi bila dibandingkan dengan saham, pasti tingkat bunga deposito memang tak terlalu menarik.

 
Keywords : dana pension,saving money,dana hari tua