Keadaan finansial yang mencukupi bukanlah jaminan. Tiap orang juga mau uang yang dimiliki dapat digunakan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tak diinginkan. Inilah alasan kenapa semua orang harus mempunyai tabungan dana darurat. Pasalnya uang pada tabungan ini cuma digunakan ketika keadaan darurat contohnya kena PHK atau terdapat keluarga yang jatuh sakit.

Lantas, berapa dana darurat yang harusnya dipersiapkan dalam tabungan? Miliarder Mark Cuban mengungkapkan bahwa lebih baik menyimpan dana darurat senilai enam kali gaji. Apabila mempunyai keinginan keluar dari pekerjaan, atau tiba-tiba harus dipecat, maka setidaknya ada dana darurat yang merupakan enam kali besaran pendapatan.

Suze Orma selaku ahli finansial juga menuturkan bahwa dana darurat lebih baik sebesar tiga hingga enam bulan kali gaji. Bahkan apabila, ingin benar-benar aman, jangan ragu untuk menyimpan uang senilai 8 sampai 12 bulan kali gaji.

Lalu dana darurat seharusnya disimpan pada instrument yang mempunyai tiga kriteria, yakni mudah, aman, dan cepat diakses (likuid). Misalnya tabungan dengan fasilitas ATM, apabila memerlukan dana darurat, maka dapat secepatnya ke ATM terdekat.

 
Keywords : dana pension,tips menabung