Seringkali saat tanggal tua telah dekat, keuangan sudah menipis sebab uang yang seharusnya masih ada menjadi habis entah untuk apa. Kenyataannya terdapat beberapa trik yang dapat membuat lebih bertahan pada efek tanggal muda. Untuk yang belum berkeluarga, kesenangan jalan-jalan merupakan hal yang lumrah termasuk nongkrong bersama dengan teman dan keluarga.

Tetapi tanpa disadari hal ini akan menipiskan uang pribadi. Bahkan  tak jarang, tabungan sampai habis untuk bisa mengikuti keinginan saja. Maka dari itu, berikut ini beberapa hal yang seharusnya di lakukan, antara lain :

Ubah kebutuhan rutin menjadi keuntungan

Ubah kebutuhan rutin menjadi sebuah keuntungan pastinya bakal membingungkan jika sekilas dibaca. Namun hal ini sangat mungkin untuk diterapkan. Artinya disini membeli kebutuhan rutin yang ada di swalayan dan sedang mengadakan promo akhir bulan contohnya. Ataupun membeli barang dengan kebutuhan tertentu memperoleh bonus produk dan lainnya. Dengan cara inilah istilah menciptakan kebutuhan rutin menjadi keuntungan.

Tetapkan  tanggal tertentu atau hari tertentu untuk waktu belanja

Cobalah untuk membuat jadwal belanja dalam satu bulan. Dan pasti saja kita wajib mendisiplinkan diri untuk menjalankan aturan ataupun jadwal yang pastinya telah dibuat sendiri. Jangan mengingkari dan tak tahan dengan godaan untuk belanja tiap hari libur.

Kurangi hasrat belanja saat baru terima gaji

Tiap akhir ataupun awal bulan pada saat menerima gaji, pasti hasrat belanja akan memuncak. Hal yang akan membuat sadar ketika tagihan belanja membumbung tinggi dan tak menyadarinya. Maka dari itu, kurangi keinginan berbelanja pada hari gajian. Coba untuk alihkan dengan kegiatan yang lain misalnya olahraga.

Belanja ketika perut kenyang

Ketika perut kenyang, maka tidak ada masalah jika ingin pergi berbelanja. Sebab perut kenyang akan menghemat untuk jajan serta menekan keinginan kita untuk membeli makanan yang tak seharusnya dibeli.

Belanja online jadi alternative belanja hemat

Dengan canggihnya teknologi, maka belanja online seringkali bisa membuat lebih hemat. Di samping kita bisa terhindar dari kemacetan, menghemat waktu, serta terhindar dari keributan kota yang makin padat. Belanja online juga bisa menghemat belanja. Seringkali toko online bakal menawarkan produknya dengan harga yang lebih murah dibanding penjual retail. Maka dari itu, manfaatkan kesempatan ini supaya bisa memperoleh peluang mendapatkan barang yang lebih murah.

 
Keywords : dana pension,tips menabung