Pada strategi manajemen keuangan, utamanya dalam mengatur gaji atau pendapatan setiap bulannya. Terkadang ada saja masalah seperti gaji yang baru saja diterima sudah habis saja tak tahu kemana. Ini akan membuat sebagian besar orang pusing sebab saat gaji sudah habis, barulah ingin diatur. Lantas apa saja yang harus dilakukan agar keuangan tetap dalam keadaan yang baik? Simak 3 hal berikut ini.

Anggarkan 30% untuk ditabung

Ketika gaji sudah ditangan, maka sisihkan terlebih dahulu untuk ditabung seperti 30% dari gaji yang diterima. Bisa dengan mengawalinya pada angka yang kecil lalu saat telah terbiasa maka dapat menaikkan nominalnya agar uang tak habis begitu saja demi membeli hal yang tidak terlalu penting. Dengan menabung maka kebutuhan bakal terjamin, apalagi untuk kebutuhan yang mendadak jadi tak akan bingung harus mendapatkan uang dari mana.

Jangan lupa bersedekah

Saat gajian telah masuk kantong, maka lebih baik untuk menyisihkan 10% untuk disedehkankan, agar uang yang diperoleh lebih bermanfaat serta mendatangkan barokah. Dengan bersedekah, maka siapapun bakal bisa merasakan manfaatnya dari dalam hati. Dengan bersedekah, harta tidak akan habis justru akan makin bertambah.

Sisihkan 20% untuk hiburan

Jika butuh untuk menyegarkan pikiran maka tak ada salahnya meluangkan waktu untuk berlibur sejenak. Jadi alokasikan terlebih dahulu uang sebagai persiapan dini. Hal ini bertujuan supaya tak perlu lagi memakai gaji seutuhnya untuk kegiatan rekreasi bulan depan sebab sudah ada uang yang sebelumnya telah dipersiapkan untuk kegiatan tersebut. 

 
Keywords : mengatur keuangan,dana pensiun