Sebagai orang tua dan orang dewasa, sebaiknya selalu mengevaluasi diri. Apabila masih melakukan hal di bawah ini, maka ini bukan contoh yang baik untuk anak tentang persoalan finansial.

Suka Berhutang

Ketika selalu meminjam uang dan dilakukan di hadapan anak, maka kemungkinan besar anak juga akan menerapkan kebiasaan yang sama. Ini dapat bermulai dari meminjam ke teman untuk jajan, berhutang di warung sekolah, hingga akhirnya saat dewasa selalu berhutang di bank.

Maka dari itu, beri pengertian pada anak bahwa utang merupakan hal yang tidak baik. Dengan demikian, akan menahan diri anak untuk tidak  membeli sesuatu yang berada di luar kemampuan.

Membuat Pesta yang Mewah

Merayakan hari ulang tahun anak secara besar-besaran bakal menanamkan pikiran kepada anak bahwa hal itu sudah biasa, bahkan harus dilakukan setiap tahun. Jika hanya bisa membuat pesta yang sederhana, jangan memaksakan diri untuk besar-besaran. Jadi ajarkan hidup sederhana kepada buah hati dimulai dari sekarang. Termasuk dengan melakukan perayaan yang tak berlebihan.

Memanjakan Anak dengan Uang

Memberikan uang selalu dinilai orang tua sebagai salah satu bentuk dari perhatian dan kasih sayang. Namun untuk anak yang masih bersekolah, pastinya mereka masih belum dapat memanfaatkan uang dengan bijak. Memanjakan anak dengan memberi uang tiap mereka minta bakal membuat anak menjadi terbiasa. Kebiasaan ini akan membuat anak tumbuh menjadi seseorang yang tak menghargai uang sebab mereka berpikir bahwa dapat memperoleh uang kapan pun, berapa pun, dan untuk apapun dengan hanya meminta.

Memperlihatkan Gaya Belanja yang konsumtif

Ketika berbelanja baik di pusat perbelanjaan ataupun di supermarket, orang tua kerap kali sangat asyik untuk membeli banyak barang. Sedangkan anak akan mengamati perilaku belanja itu. Anak akan merekam semua aktivitas itu. Jika sering menggesek kartu kredit asal belanja, maka bukan tidak mungkin anak nantinya pun bakal tumbuh menjadi seseorang yang boros sebab itu yang dicontoh anak oleh orang tuanya.

 
Keywords : tips menabung,menabung untuk kesejahteraan