Saat diberikan beberapa pertanyaan tentang risiko apa yang paling ditakuti oleh para pensiunan. Sebagian besar menjawab risiko menabung saham. Sebab jika terjadi saham menurun, maka akan mengakibatkan kerugian. Terlebih lagi ketika pensiun yang cuma diandalkan adalah keuntungan dari saham dan tak memiliki penghasilan dari pengeluaran lainnya.

Ini hanyalah salah satu risiko. Lalu risiko apa yang juga sering terjadi namun selalu disepelekan, berikut ulasannya.

Kegagalan portofolio

Terdapat teori 4% yang sangat terkenal. Teori ini memberikan saran untuk mempunyai portofolio dimana 60% merupakan obligasi dan 40%nya yakni ekuitas, bisa diambil 4% dari total portofolio per tahunnya. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode ini memiliki risiko kegagalan sampai 50%. Metode lainnya yakni dengan menebak berapa lama hidup dan persiapan tabungan untuk hidup dari 2-30 tahun. Namun bagaimana jika umur lebih panjang daripada itu? Jika tak memiliki strategi memakai portofolio, risiko signifikan wajib dipertimbangkan.

Tanggung jawab finansial darurat          

Hidup pastinya selalu penuh dengan kejutan, begitu pula dengan masa pensiun. Pensiunan sekarang ini populer dengan julukan ‘generasi sandwich’, artinya tekanan finansial datang dari bermacam sisi. Contohnya kewajibab untuk menafkahi anak yang belum dewasa dan kewajiban untuk menafkahi orang tua yang sudah lansia.

Nyatanya, susah untuk melakukan prediksi berapa yang wajib dipersiapkan tentang hal tersebut. Mempunyai strategi finansial yang fleksibel bisa membantu untuk beradaptasi pada perubahan yang terjadi ketika pensiun.

Risiko kesehatan

Di tengah inflasi, selain mengkhawatirkan harga kebutuhan hidup yang selalu naik, mungkin harus juga mengkhawatirkan terkait makin mahalnya biaya kesehatan. Demi mengantisipasi hal ini, pastinya yang perlu dipersiapkan yakni asuransi kesehatan dengan perlindungan terbaik. Semakin cepat ikut asuransi, maka semakin murah pula premi yang dibayarkan.

 
Keywords : cara menabung,menabung untuk hari tua,uang pensiunan,kerja saat pensiun