Uang merupakan bagian penting untuk melangsungkan kehidupan. Sebagian besar kegiatan akan melibatkan keuangan. Tetapi uang kerap kali juga menjadi faktor utama timbulnya stres. Pusing ataupun stres mengenai uang biasanya dirasakan saat krisis keuangan atau berpenghasilan yang rendah.

Walaupun demikian, seseorang yang memiliki banyak uang juga tak lepas dari ‘masalah keuangan’. Bahkan faktor utama stres tentang uang yang dirasakan oleh orang kaya yakni ketakutan. Takut apakah uang yang dimiliki sudah cukup serta apakah melakukan hal yang salah dengan uang yang dimiliki.

Rasa takut bakal mempengaruhi setiap orang. Jadi tak ada yang akan kebal pada tekanan keuangan. Memang tak akan bisa menghindari masalah keuangan, namun bisa berkompromi dan mengatasi masalah keuangan dengan beberapa metode berikut ini:

Bercerita

Salah satu cara yang paling mudah yakni dengan mendapatkan dukungan emosional dari seseorang yang dipercaya. Cobalah untuk berbicara dengan teman atau keluarga agar stres soal uang berkurang. Ini akan membantu diri sendiri untuk tak merasa sendirian. Hal ini juga memungkinkan munculnya saran-saran bijak yang bisa dilakukan sehingga mengurangi stres.

Meditasi

Meditasi termasuk dalam metode yang bisa menumbuhkan perhatian dalam kehidupan. Metode ini juga bisa mengurangi tingkat stres. Bukan hanya itu, meditasi akan mengurangi emosi yang negatif, mengelola gejala depresi dan sakit kepala, dan mempunyai perspektif.

Olahraga

Olahraga dengan berjalan kaki, ataupun jogging bisa mengurangi stres. Olahraga bisa membantu tubuh dalam memproduksi endorphin yang akan mengurangi rasa sakit dan menaikkan mood serta mengurangi hormone stres. Dengan demikian, karena olahraga bisa membuat stres berkurang dan badan menjadi sehat.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik merupakan terapi. Beberapa penelitian juga memperlihatkan bahwa mendengarkan musik akan mengurangi tingkatan stres. Sehingga jika mendengarkan musik favorit saat bekerja, duduk santai, dan bermain maka akan membuat tubuh menjadi santai.

Berpikir positif

Cobalah untuk berpikiran positif dan mengabaikan semua pikiran negatif. Hilangkan kekhawatiran tentang uang, dan gantilah menjadi pikiran yang positif. Misalnya ganti pikiran negatif menjadi positif dengan berkata kepada diri sendiri bahwa saat ini sedang belajar tentang cara mengeloal uang pribadi.

 
Keywords : menabung,tips menabung,tips manajemen keuangan