Malu ataupun gengsi kadang susah untuk diabaikan begitu saja. Sebenarnya tidak masalah mempetahankan gengsi sebab akan memotivasi diri menjadi lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Tetapi jika gengsi selalu menjadi pendorong untuk mengeluarkan uang dengan berlebihan, maka hal ini dapat membahayakan.

Untuk para pekerja kantoran, jangan sampai kala dengan gengsi jika tak mau gaji cuma numpang lewat direkening saja. Berikut ini beberapa prinsip agar tabungan menjadi tetap aman.

Tidak mudah traktir teman

Traktir teman makan direstoran ataupun cafe sekarang ini memang menyenangkan dan membuat suasana menjadi lebih hidup. Budaya traktir ini seringkali dilakukan ketika baru saja menerima gaji pertama, naik gaji, dapat promosi jabatan, ataupun sedang ulang tahun. Namun yang harus diingat bahwa ini bukanlah keharusan, melainkan hanya tradisi yang tak jarang dipaksakan.

Janganlah takut dianggap pelit hanya karena jarang mentraktir teman. Sekali-kali bisa saja namun cek terlebih dahulu kondisi keuangan . Jika untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja, masih pas-pasan, tidak usah dipaksakan.

Tidak mudah pinjamkan uang

Di dalam dunia pertemanan terkadang pinjam meminjam uang seringkali tidak terelakkan. Namun bukan berarti ini menjadi sesuatu yang wajar dan bisa menjadi kebiasaan. Sebelum meminjamkan uang, cek terlebih dahulu motivasi calon peminjam, apakah benar-benar untuk keperluan yang sangat mendesak ataupun cuma karena keinginan konsumtif.

Rajin bawa bekal

 Walau telah bekerja, rajin membawa bekal bukan hal terlarang. Bukan hanya lebih menghemat pengeluaran, dengan membawa makanan dari rumah, akan lebih terjamin kehigienisannya. Caba saja mulai hitung berapa pengeluaran para pekerja jika telah menyangkut soal makanan. Diawali dengan sarapan, makan siang, sampai makan cemilan untuk sore hari. Belum lagi jika ada acara nongkrong sepulang kerja. Pasti akan lebih hemat jika bawa bekal kan?

Tidak mempunyai kartu kredit kalau belum membutuhkan

Mempunyai kartu kredit ketika sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri bukanlah masalah. Namun memiliki kartu kredit harus berbarengan dengan pemahaman dalam penggunaan kartu kredit secara bijak. Jadi kalau belum paham mengenai tanggung jawab penggunaan kartu kredit, lebih baik jangan nekat ataupun mencoba. Untuk yang telah mempunyai kartu kredit jangan menerapkan sikap untuk menambah kartu kredit sampai mengoleksi semua kartu kredit dari seluruh bank jika gaji hanya cukup untuk tagihan satu kartu saja.

 
Keywords : dana pensiun,asuransi kesehatan,tips asuransi,asuransi bagi freelance,bayar asuransi online