Mempersiapkan dana darurat termasuk hal yang penting dan pertama dilakukan ketika sedang mengelola keuangan. Dengan adanya dana darurat itu, maka bisa membantu ketika membutuhkan dana, contohnya memperbaiki rumah, kendaraan, dan kesehatan.

Lalu apa yang akan terjadi bila belum mempunyai dana darurat? Keadaan belum mempunyai dana darurat tersebut bisa membuat panik dan kehilangan harapan. Walaupun demikian, hal itu janganlah membuat putus asa dan hilang harapan. Berikut ini beberapa cara untuk memperoleh dana saat belum mempunyai dana darurat.

Atur anggaran

Salah satu cara untuk mempersiapkan dana darurat yaitu dengan mengurangi anggaran. Perhatikan terkait anggaran yang dihabiskan utnuk hiburan, makanan, gas, dan utilitas. Mungkin akan terkejut jika tahu  bahwa terdapat cukup uang untuk dana darurat yang sudah disiapkan. Memang hal tersebut mengurangi hiburan dan kesenangan, tapi akan membantu dalam pengelolaan keuangan.

Barang

Jika dihadapkan oleh keadaan darurat, barang yang bernilai dirumah bisa juga menjadi dana darurat. Ketika menghadapi situasi darurat, bisa dengan menjual barang itu demi memperoleh uang. Bisa dengan membawa barang berharga ke pegadaian, jika memerlukan uang dalam kurung waktu yang sempit.

Meminjam uang

Terdapat sejumlah cara untuk meminjam uang yang dapat membantu untuk menyiapkan dana darurat. Bisa dengan meminjam uang dari teman dekat ataupun saudara. Walaupun demikian, lebih baik membuat perjanjian dalam meminjam uang tersebut.

Kunci dalam penanganan keadaan darurat keuangan yakni bersedia untuk membuat perubahan pada kebiasaan misalnya mengurangi pengeluaran, menjadi cara yang paling baik. Atau bila membutuhkan bantuan dana darurat makan bisa dengan meminjam secara sopan dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut.

 
Keywords : dana pensiun,asuransi kesehatan,tips asuransi,asuransi bagi freelance,bayar asuransi online