Mempersiapkan dana pensiun pastinya lebih cepat akan menjadi lebih baik. Jadi simpanlah dana ditabungan pensiun, atau apabila mau uang pensiun berlipat ganda maka lakukan investasi.

Terdapat beberapa langkah yang dapat diambil demi mencari tahu dimana menempatkan dana pensiun. Pastinya akan lebih bijaksana jika mempertimbangkan terlebih dahulu semuanya sebelum mengambil langkah untuk memutuskan.

Menetapkan harapan realistis terkait hasil pasar investasi

Pengembangan yang dijuluki model alokasi aset akan memberi tahu mengenai berapa banyak uang pensiun yang seharusnya ada dalam saham versus obligasi. Akan terlihat pengembalian historis dan risiko yang ada dengan model alokasi aset dan juga jumlah uang yang dibutuhkan demi menarik diri setiap tahunnya. Lalu penyeimbangan akun secara regular dan tetap berpegang di rencana investasi jangka panjang.

Pengembangan harapan yang realistis bahwa beberapa tahun akan mempunyai hasil yang lebih baik dibanding tahun-tahun lainnya, dan melihat investasi pensiun selama masa hidup tidak dalam tiga bulan ataupun satu tahun ke depan.

Terima  trade-off

Semua orang mengharapkan investasi yang sempurna yaitu sesuatu yang sangat aman, memdapatkan pendapatan tetap, dan akan tumbuh nilainya dari waktu ke waktu. Investasi seperti ini nyaris tak ada. Kenali dasar-dasar investasi demi memahami trade-off yang wajib diterima ketika berinvestasi.

Bisa memasukkan uang pensiun ke investasi yang aman dan mendapatkan tingkat pengembalian yang dijamin tetapi lebih rendah yang akan ditawarkan. Atau bisa juga dengan memilih untuk mengambil risiko investasi yang diketahui dan membangun portofolio yang memberikan kemungkinan memdapat tingkat pengembalian yang lebih tinggi dibanding yang bisa diberikan oleh investasi yang aman.

Portofolio terdiversifikasi mempunyai beberapa investasi yang aman, beberapa di antaranya didesain demi menghasilkan pendapatan, dan beberapa diantaranya bakal tumbuh untuk menghasilkan pendapatan sepuluh hingga lima belas tahun dijalan.

Belajar dan peroleh saran

Hal yang terbaik bisa dilakukan sebelum mengambil keputusan memasukkan uang pensiun yakni dengan mencari nasihat dari pihak yang professional. Bisa dengan membaca buku terkait investasi jadi akan memahami konsep dasar investasi, ataupun berlangganan majalah keuangan dan membaca seluruh artikel selama setahun lamanya.

Hindari kesalahan yang besar

Orang yang membuat kesalahan dengan uang pensiun disebabkan karena keserakahan ataupun ketidaktahuan. Keserakahan ada ketika melihat investasi yang akan menghasilkan laba diatas rata-rata. Sementara ketidaktahuan merupakan faktor saat tak tahu apa adanya dan tak mungkin dilakukan. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk membujuk dan menjadi sesuatu yang bukan pilihan yang tepat.

Jika memahami tentang cara kerja investasi, maka jumlah pengembalian berada di atas rata-rata tak mungkin dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Apabila terlihat sangat bagus untuk menjadi kenyataaan, maka jauhilah. Sebab menghindari kesalahan besar lebih utama daripada menemukan hasil investasi yang besar.

Buat rencana jangka panjang

Membuat rencana akan membantu dalam menghasilkan keputusan cerdas mengenai cara berinvestasi. Ini bukanlah hal tentang berapa banyak yang dapat dikumpulkan. Jadi sebagai gantinya yakni tentang memberikan gaji pensiun bulanan yang bisa diandalkan. Berinvestasi demi pendapatan yang berbeda, dan pendekatan butuh diubah.

 
Keywords : dana pensiun,asuransi kesehatan,tips asuransi,asuransi bagi freelance,bayar asuransi online