Usia yang semakin dewasa membuat pengelolaan keuangan juga harus lebih bijaksana dan bersikap dewasa. Jika hanya menunda demi berubah pda pengelolaan keuangan tak akan membantu siapapun untuk menuju kebebasan finansial.

Berikut tips dalam mengelola keuangan seiring bertambahnya usia antara lain:

Memperkuat dana darurat

Jika masih muda mungkin tak membutuhkan banyak uang ekstra ditangan. Bagaimana pun, mungkin merasa tak perlu dana darurat dan hanya sedikit simpanan. Padahal seirama dengan bertambahnya umur, terdapat lebih banyak biaya mahal yang bisa hadir yaitu mempunyai rumah, atau memiliki anak dengan kebutuhan medis tak terduga, perbaikan hunian dan lain sebagainya.

Maka dari itu, simpanan uang demi keadaan darurat sangatlah dibutuhkan. Paling sedikit tiga sampai enam bulan pengeluaran. Tanpa penghematan demi dana darurat bisa menciptakan hutang dan menggunakan tabungan pensiun.

Mengetahui alokasi pengeluaran

Jika masih muda, kebanyakan tak sadar uang dipakai untuk apa. Anak muda lebih senang menghabiskan uang dengan bersenang-senang dengan teman sebaya. Tetapi semakin dewasa, akan membuat seseorang harus lebih bijak dan mengetahui kemana uang dibelanjakan.

Tak mungkin membuat anggaran dan menghemat apabila tak tahu pos pengeluaran yang wajib dipotong. Maka dari itu, wajib memaksakan diri untuk membuat catatan mungkin dapat dari pengeluaran kartu kredit dan catatan yang dibuat sendiri.

Kendalikan utang kartu kredit

Di titik tertentu, utang kartu kredit bisa mempengaruhi kemampuan demi membangun kekayaan dan memperoleh kebebasan finansial. Jika utang tingga maka akan berdampak pada bunga kredit. Hal ini akan mempengaruhi apa yang akan dibayarkan.

Jadilah orang dewasa dan mulai membayar utang kartu kredit. Jika mempunyai utang dengan tingkat suku bunga yang tingga, maka secepatnya lunasi utang itu. Lalu pakai kartu kredit lebih bijak dan lebih baik mengandalkan uang tunai untuk berbelanja.

Beli rumah

Memiliki rumah akan menjadi salah satu kebanggan tersendiri. Kepemilikan rumah bukan untuk semua orang namun akan tiba saatnya dalam hidup untuk menabung dan akhirnya mempunyai rumah. Dengan mempunyai rumah maka sudah memperlihatkan stabilitas dan langkah keuangan yang baik untuk jangka yang panjang. Namun ini selama bisa mengatur pembayaran bulanannya.

 
Keywords : dana pensiun,menghitung uang,menabung uang,menabung untuk dana pensiun