Saat masih mudah yakni pada usia 20-an sampai 30-an berpikir bahwa masa pensiun masih jauh. Tetapi, karena sibuk dalam bekerja, tanpa terasa usia telah mendekati masa pensiun. Namun ketikan mulai menyadari fakta ini, usia telah mendekati 50 atau mendekati masa akhir produktif. Jika hanya mengandalkan jaminan hari tua dari BPJS Ketenagakerjaan, tentunya tak bakal mencukupi untuk membayar semua kebutuhan seusai masuk masa pensiun.

Maka dari itu, supaya dapat lebih tenang ketika pensiun, janganlah melupakan 3 hal dibawah ini.

Tidak mengelola utang dengan baik

Akhir bulan merupakan saat tersulit untuk keuangan, sebab ketika penghasilan sudah habis digunakan membayar utang. Apabila mempunyai gaya hidup ini, maka lebih baik berhati-hatilah. Jika sampai terjadi kasus yang mengharuskan membayar utang dari utang yang lain. Pastinya tak akan ada waktu untuk mempersiapkan dana pensiun.

Maka dari itu, segera lunasi utang supaya ada uang yang dapat dialokasikan demi dana pensiun. Apabila ada kendala ataupun kesulitan membayar, maka konsultasikan kepada ahlinya. Kedepannya, akan dibantu untuk mencari solusi yang tepat.

Tak belajar dari yang muda

Pastinya sebagai orang yang lebih tua mempunyai banyak pengalama dari yang muda. Tetapi generasi muda juga mempunyai kelebihan bisa paham mengenai perubahan yang ada. Generasi muda akan mengajarkan hal yang baru dan belum terjangkau dalam lingkungan. Misalnya saja tren dalam investasi dan usaha yang lebih potensial di masa yang akan datang.

Lupa menabung untuk dana pensiun

Ketika masa produktif berakhir dan saatnya pensiun, penghasilan bakal turun dengan sangat drastic. Jika dihitung, setidaknya harus mengakumulasi sebanyak 12 gaji ketika pensiun nantinya. Jadi, ketika masih muda dan memiliki penghasilan, maka sisihkan uang untuk menabung. Uang ini dapat digunakan untuk dana pensiun. 

 
Keywords : dana pensiun,asuransi kesehatan,tips asuransi,asuransi bagi freelance,bayar asuransi online