Kementerian  Keuangan atau Kemenkeu sedang menggodok program pensiun PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari skema pay as you go berubah menjadi fully founded. Perombakan program tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan para purna PNS dalam menikmati masa tua.

Askolani sebagai Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu menuturkan bahwa pemerintah sedang mengkaji skema pensiun PNS. Kemudian pihaknya sedang mengkaji ulang skema 10 sampai 20 tahun yang lalu. Terdapat dua sisi yang akan direview alias dirombak.

Pertama, pemerintah tengah mengkaji skema iuran pensiun PNS. Sekarang ini, PNS telah membayar iuran demi program pensiunan sebesar 4,75% dari gaji pokok. Besaran dari iuran itu belum memasukkan tunjangan dari kinerja.

Kedua, pemerintah sedang mengkaji ulang mengenai manfaatnya. Saat ini, pensiunan PNS menerima uang pensiun sebesar 70% hingga 75% dari gaji pokok yang terakhir. Nantinya, Askolani mengungkapkan bahwa pemerintah akan memungkinkan untuk masuk dalam membantu iuran pensiun bagi PNS.

Namun ketika ditanya tentang besaran kenaikan iuran pensiun untuk PNS dan pemerintah, Askolani masih belum bisa detail dalam membahas, termasuk apakah dengan skema fully founded, purna PNS bakal memperoleh uang pensiun sekaligus misalnya pesangon atau tetap dibayar per bulannya.

 
Keywords : dana pensiun,asuransi kesehatan,tips asuransi,asuransi bagi freelance,bayar asuransi online