Makin berkembangnya zaman menghadirkan banyak bidang pekerjaan yang baru, sedangkan perkembangan teknologi memudahkan manusia untuk bekerja tanpa harus datang ke tempat kerja.

Perkembangan teknologi terkhusus mengenai teknologi telekomunikasi dan informasi, menjadikan sejumlah perusahaan tak mewajibkan karyawannya untuk hadir ke kantor setiap harinya. Bahkan, beberapa diantaranya mempekerjakan pekerja lepas yang sama sekali tak harus ke kantor.

Jadi, jika masih kuliah, tidak ada salahnya jika mencoba beberapa pekerjaan freelance untuk menambah pengalaman dan membantu biaya kuliah.

Freelance writer

Terdapat beberapa website yang menghadirkan penempatan freelance, terkhusus untuk yang mau menjadi penulis. Hanya dengan menuliskan data diiri dengan lengkap, kemudian memberikan portofolio, dan mengikuti tes internal yang dilakukan pada website itu. Tugas dari penulis hanya membuat artikel, membuat konten media sosial, ataupun mengisi konten website.

Social media officer

Bila gemar mengisi media sosial dengan berbagai hal yang menarik dan seru pastinya akan mendatangkan banyak ‘suka’, jadi lebih baik untuk melamar sebagai admin media sosial pada agency digital. Tugasnya hanya menyiapkan konten yang bakal diunggah lewat media sosial. Kemudian menjadwalkan konten itu setiap harinya. Hal ini dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Penerjemah dan proofreader

Jika sedang menjalani kuliah dibidang lingustik dan komunikasi, janganlah ragu untuk menjadi bagian dari anggota komunitas alumni. Bagi yang bekerja pada agensi iklan pasti akan membutuhkan penerjemah dan editor bahasa untuk mengedit konten iklan ataupun proposal presentasi yang akan diberikan kepada klien.

Desainer grafis dan editor video

Untuk mahasiswa desain grafis ataupun audio-visual, dapat mengasah pelajaran dengan menjadi desainer grafis ataupun editor video. Perlihatkan desain di media sosial sebab sekarang ini tak sedikit e-commerce yang memerlukan desainer kreatif untuk membuat tampilan aplikasi dan websitenya lebih menarik.

Influencer

Lebih rajinlah mengisi media sosial termasuk membuat vlog lucu di Youtube ataupun Instagram. Bisa senang dengan traveling, maka buatlah blog dengan foto yang keren dan cerita perjalanan yang menarik. Jika sudah memiliki followers yang menyukai konten, maka besar kemungkinan akan ada brand tertentu yang mengendorse. Bila hanya membuat video, foto, ataupun konten lainnya pastinya tak harus dilakukan dengan full time kan?

Tour guide

Bagi para mahasiswa jurusan bahasa, cobalah untuk menjadi pemandu wisata para wisatawan asing yang sedang berkunjung ke Indonesia. Perlihatkan kecantikan Indonesia dari wisata dan tempatnya.  

 
Keywords : freenlance,peluang usaha,usaha internet,usaha untuk mahasiswa