Menyimpan uang alias menabung memang telah menjadi kewajiban yang dilakukan oleh setiap orang. Tujuannya satu yakni demi mempersiapkan masa depan yang lebih cerah. Menabung tak perlu menjadi masalah. Sebab terdapat banyak cara yang menyenangkan dalam menghemat uang dengan membuat permainan dan tantangan seputar target untuk tabungan. Berikut ini merupakan cara agar menabung tak lagi membosankan.

Buatlah lomba tabungan

Ketika ingin menabung, bisa dengan melibatkan keluarga ataupun teman untuk ikut dalam tantangan ini. Cobalah untuk menantang mereka untuk menabung. Orang yang dapat menghemat lebih baik uang selama satu hingga enam bulan berikutnya maka akan memenangkan permainannya.

Kompetisi nilai kekayaan

Untuk alternative, bisa dengan menantang pesaing untuk melihat mana yang bisa meningkatkan kekayaan total selama rentang beberapa bulan kedepan. Dengan cara ini, fokus akan tetap pada peningkatan jumlah dana pada tabungan bukan menebas tagihan.

Jadikan sebuah permainan

Ikutkan semua keluarga dan buat permainan untuk melihat siapa yang dapat menemukan cara yang paling kreatif untuk menghemat biaya. Minta untuk mencatat cara inovatif yang disimpan. Motivasi kreativitas keluarga untuk mendapatkan cara yang unik dan menarik dalam hal menabung.

Bersaing dengan pasangan

Cobalah untuk menghadapi tantangan tersebut dengan pasangan. Bahkan naikkan pula taruhan untuk pemenangnya.

Thermometer tabungan

Gambar thermometer raksasa dan tuliskan tujuan tabungan dengan sangat besar lalu simpanlah ditempat yang bisa dilihat kapanpun. Jadi bisa memotivasi untuk menaikkan jumlah tabungan dengan mewarnai thermometer berdasarkan jumlah yang ditabung hingga tujuan terpenuhi.

 
Keywords : menabung,tips menabung,dana pensiun,dana untuk pensiun,tips menyimpan dana pensiun