Jika ingin melakukan perjalan ke luar negeri pasti sudah tahu dengan aktivitas menukar mata uang asing. Jadi, sebenarnya lebih baik menukar uang di Indonesia saja atau di luar negeri? Sebelum berangkat keluar negeri, banyak orang dipusingkan terkait cara menukar mata uang rupiah ke mata uang negara yang menjadi tujuan. Lalu apakah lebih murah jika menukar uang di Indonesia daripada di luar negeri?

Bila dipikirkan kembali, memang menukar yang di Indonesia lebih murah, sebab lebih mudah dalam mencari tempat penukaran uang dengan nilai tukar yang terbaik. Walaupun demikian, tetap saja menukar uang bisa juga dilakukan pas di luar negeri.

Berikut ini merupakan beberapa tips sebelum menukarkan uang rupiah ke mata uang negara yang dituju, simak yah !

Kemudahan akses di Indonesia

Kemudahan yang diberikan jika berencana menukar uang di Indonesia yakni kemudahan berkomunikasi dan mengakses tempat penukaran mata uang. Jadi dengan mudah kita dapat membandingkan nilai tukar mata uang pada beberapa tempat penukaran mata uang, sebelum memutuskan mana yang paling baik.

Jadi, setelah itu barulah menukarnya ke tempat yang diinginkan. Terlebih lagi, tak akan mengalami kesulitan dalam menyerap informasi tentang kurs dan informasi lainnya. Sebab, tak ada lagi kendala mengenai bahasa.

Mudah menemukan tempat penukaran yang sudah terpercaya

Siapapun bisa menemukan tempat penukaran uang misalnya money changer dan bank-bank di Indonesia. Sebab banyaknya pilihan, maka tetap haruslah berhati-hati dalam memilih. Baik dari mempertimbangkan nilai tukar masing-masing tempat penukaran serta legalitasnya. Jadi cek dengan seksama apakah money changer yang dipilih telah memperoleh izin atau belum.

Pada dasarnya, money changer yang berizin mempunyai nilai tukar paling tinggi dan lebih terpercaya. Apabila masih ragu dengan nilai tukarnya, dapat mencari referensi lewat internet dan langsung masuk ke web resminya ataupun menghubungi via telepon untuk memastikan. Kemudian, barulah ambil keputusan, mau menukar di money changer atau di bank saja.

Dibandara juga menyediakan penukaran mata uang asing tetapi jadikan ini sebagai pilihan yang terakhir karena bila menukar di bandara maka nilai mata uang akan dipotong sebesar 20%. Artinya memang jauh lebih mahal jika menukar mata uang dibandara.

Pertimbangan waktu

Keuntungan lainnya jika menukarkan uang di Indonesia yakni akan mempunyai waktu yang lebih leluasa untuk mencari nilai tukar yang terbaik. Yang perlu diperhatikan bahwa, kurs bakal berubah setiap saat jadi jangan sampai ketinggalan momen untuk menukar uang ketika kurs mata uang incaran sedang turun.

Kalau menukar mata uang di luar negeri, tentunya tak akan banyak pilihan karena nilai tukar naik atau turun tetaplah harus menukar mata uang saat itu juga. Jadi selagi bisa, lebih baik untuk menukar mata uang di Tanah Air saja.

 
Keywords : uang,tukar uang,uang baru,kurs rupiah,nilai tukar uang,cara tukar uang