Apabila sedang memikirkan untuk melakukan penghematan dengan memotong anggaran belanja, terdapat beberapa kategori yang seharusnya tak pernah dipangkas dari budget, walaupun kondisi sedang masa sulit.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghemat dana. Contohnya dengan mengurangi atau berhenti membeli baju baru, sampai kurangi frekuensi makan direstoran. Semua pengeluaran yang bukan kebutuhan pokok ini pasti tak membuat sampai kelaparan.

Namun justru bisa menambah uang yang dapat digunakan untuk hal lain. Berikut ini anggaran yang tak seharusnya dipangkas walaupun sedang berhemat.

Tabungan

Jangan pakai dana tabungan walaupun dalam keadaan mendesak sekalipun. Dana tabungan merupakan dana yang sangat perlu disimpan dan jangan dipakai sama sekali. Jadi tetaplah menabung dimulai dari 10% penghasilan yang diperoleh.

Membayar utang

Ketika sedang berusaha untuk membayar utang kartu kredit dengan bunga yang tinggi, janganlah memotong anggaran belanja untuk hal ini. Malah sebaiknya alokasikan dana khusus supaya dapat segera melunasinya.

Jika setiap bulan harus membayar pinjaman dengan bunga yang tinggi, artinya hanya akan menenggelamkan diri pada masalah keuangan yang semakin serius.

Dana cadangan

Apapun yang terjadi, janganlah pernah memangkas anggaran belanja yang diperuntukkan untuk mengumpulkan dana darurat. Bahkan apabila dana darurat sudah terkumpul, dana tersebut tetap tak bisa dipakai untuk kebutuhan yang sebenarnya tak mendesak.

Mempunyai dana darurat tak hanya dapat membuat pikiran lebih tenang, tetapi juga dapat membuat lebih fokus dalam penggunaan uang demi keperluan yang lain. Dana darurat yang ada akan digunakan jika sewaktu-waktu harus menghadapi hal yang tidak terduga ataupun kecelakaan yang mengharuskan banyak mengeluarkan uang.

Jika kebutuhan hidup terus naik, walau bagaimanapun, meskipun hanya menabung dalam jumlah yang sedikit, tak akan rugi sebab ketika hari tua nanti pasti akan dibutuhkan.

Jadi, walaupun sekarang ini harus memotong anggaran demi menghemat, tetapi  ketiga kebutuhan diatas jangan sampai diganggu. 

 
Keywords : menabung,tips menabung,dana pensiun,dana untuk pensiun,tips menyimpan dana pensiun