BPJS merupakan salah satu program pemerintah yang dapat memudahkan masyarakat ketika berobat. Masyarakat dapat mendaftarkan seluruh anggota keluarganya pada BPJS tersebut. Para pendaftar BPJS dapat memilih tingkatan layanan mulai dari tingkat I hingga tingkat III. Perbedaannya terletak pada fasilitas dan besaran iuran yang harus dibayarkan per bulan. 

BPJS Keluarga

Istilah BPJS keluarga berarti seseorang harus mendaftarkan semua anggota keluarga. Hal ini dimaksudkan semua anggota keluarga  yang tercantum pada kartu keluarga. Dengan kata lain pendaftaran BPJS tidak dapat perorangan, melainkan harus satu keluarga. Meskipun satu keluarga, namun tiap anggota keluarga akan mendapatkan kartu sendiri-sendiri. Karena BPJS belum memberlakukan aturan satu kartu untuk satu keluarga. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara mendaftarkan anggota keluarga ke BPJS dan iuran BPJS per keluarga.

Pendaftaran BPJS keluarga dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika anda mendaftar secara offline, bisa mendatangi kantor BPJS terdekat. Sementara jika secara online dapat mendaftar melalui website BPJS yang telah disediakan. Cara membuat BPJS kesehatan untuk keluarga sangat mudah. Anda perlu menyiapkan kartu keluarga, KTP, dan pas foto. Baik secara online maupun ofline anda perlu mengisi formulir pendaftaran.

 

Iuran BPJS Keluarga

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa pembayaran BPJS per keluarga tergantung pada tingkat yang anda pilih. Untuk fasilitas kesehatan tingkat I iuran sebesar Rp. 80.000,00, tingkat II sebesar Rp. 51.000,00 dan tingkat III sebesar Rp.25.500. Sebagai contoh, jika anda memilih tingkat I dengan jumlah anggota keluarga sebanyak 4 orang. Maka anda harus membayar iuran sebesar 4xRp. 80.000,00= Rp. 320.000,00. Pembayaran ini dilakukan tiap bulan dan dapat dilakukan secara online. Anda dapat melakukan transaksi ini melalui aplikasi pembayaran online Davestpay. Dengan pembayaran BPJS via Davestpay, anda tidak perlu kerepotan saat membayar.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai cara membuat BPJS kesehatan untuk keluarga beserta rincian biaya yang harus ditanggung. Saat ini kita memang sudah diberikan kemudahan untuk mengurus asuransi kesehatan keluarga serta pembayaran yang praktis. Sehingga anda tidak perlu kerepotan lagi. Semoga dengan artikel ini anda tidak kebingungan saat mendaftarkan keluarga anda pada BPJS. 

 
Keywords : Cara mendaftarkan anggota keluarga ke BPJS,iuran BPJS per keluarga,Cara membuat BPJS kesehatan untuk keluarga,pembayaran BPJS per keluarga,pembayaran BPJS via Davestpay