Kolektabilitas iuran peserta JKN-KIS mandiri diragukan Koordinator Advokasi BPJS Watch dapat terpenuhi mengingat peningkatan yang harus didapatkan mencapai 60%-65% di akhir tahun. Hal itu dikarenakan masyarakat belum memiliki kesadaran untuk membayar iuran BPJS Kesehatan mereka. Padahal, BPJS Kesehatan telah bekerja sama dengan berbagai pihak agar pembayaran BPJS menjadi lebih mudah.

Salah satu caranya adalah bekerja sama dengan perusahaan fintech terintegrasi di Indonesia Timur, yaitu PT Hensel Davest Indonesia (HDI). Melalui platform DavestPay, pembayaran BPJS lebih memudahkan karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama 24 jam penuh.

Pesimistis yang dirasakan BPJS Watch bukan tanpa alasan. Pasalnya, belum ada sanksi yang diberikan kepada peserta yang tidak membayar iuran mereka. Walaupun sudah ada denda yang dikenakan, tampaknya hal tersebut belum cukup efisien untuk membuat para peserta sadar dan membayar iuran BPJS Kesehatan.

Akan tetapi, pihaknya optimis bahwa tahun depan kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan akan mencapai target. Pasalnya, tahun depan sudah ada aturan tegas terkait peserta yang menunggak iuran BPJS Kesehatan. Sanksi tegas tersebut berupa tidak diberikan pelayanan publik apabila peserta menunggak iuran. Hal tersebut akan membuat peserta iuran untuk taat membayar agar dapat menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.

Selain itu, pihak BPJS Watch mengatakan bahwa pihak BPJS Kesehatan bisa menggandeng dan berkoordinasi dengan berbagai lembaga untuk meningkatkan kolektabilitasnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan iuran yang didapat dari peserta BPJS Kesehatan. Pihaknya berharap agar hal tersebut dapat terlaksana di tahun depan.

Untuk itu, sebagai perusahaan yang bekerja sama dengan BPJS, HDI menghimbau agar peserta mandiri taat untuk membayar iuran agar dapat menikmati fasilitas yang sudah diberikan. Hal yang dilakukan HDI untuk membantu kolektabilitas iuran BPJS Kesehatan adalah dengan cara meningkatkan pelayanan DavestPay yang sudah tepercaya di Indonesia Timur sebagai platform pembayaran berbagai jenis kebutuhan masyarakat, termasuk iuran BPJS.

 
Keywords : BPJS,JKN KIS,Iuran,Davestpay,BPJS Kesehatan,BPJS Ketenagakerjaan,fintech,pembayaran