Agus Susanto selaku Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan mengungkapkan perihal jumlah peserta aktif dari BPJS TK dan memaparkan mengenai ikatan kerja sama yang sudah dijalin kepada beberapa pihak demi memudahkan pelayanan secara digital.

Agus menjelaskan bahwa data angka kepesertaan aktif BPJS TK pada November 2017 berjumlah sekitar 25,4 juta peserta. Total itu sudah dihitung dari banyaknya peserta yang aktif keluar masuk sebagai anggota. Terdapat sekitar 15 juta peserta yang keluar dan 18 juta peserta baru yang masuk.

Sekarang ini, ada kisaran 128 juta angkatan kerja. Hanya 86 juta tenaga kerja yang memenuhi persyaratan untuk memperoleh BPJS TK. Total terdapat 44 juta orang yang sudah terdaftar, lalu jumlah peserta aktifnya hanya 25,4 juta.

Sedangkan, mengenai perilisan aplikasi digital yaitu Perisai, Agus menuturkan bahwa pihaknya sudah melakukan penetrasi pada para pelaku ekonomi digital, salah satunya pada pelaku usaha perdagangan elektronik.

Sebagaimana yang diketahui, bahwa BPJS TK telah menjalin kerjasama dengan  beberapa pihak misalnya Grab Indonesia, Go-Jek, serta Tokopedia, demi menempelkan Perisai pada aplikasi digital milik mereka.

 
Keywords : bpjs,tariff bpjs,kelas bpjs