Permasalahan kepesertaan BPJS Kesehatan yang seringkali terjadi yakni penunggakan pembayaran iuran. Apabila terdapat peserta yang menunggak pembayaran iuran BPJS bakal ditagihkan. Proses yang dilakukan oleh pihak BPJS yakni bakal menelpon setiap peserta yang belum membayar iuran. Cara seperti ini untuk mengingatkan para peserta yang menunggak segera membayar pelunasan hutang.

Fahmi Idris selaku Direktur Utama BPJS Kesehatan menerangkan bahwa kepesertaa BPJS tersebut bersifat wajib dan terdapat syarat bayar iuran. Kalau iuran tak dilunasi, maka pastinya akan ditagih sebab yang terjadi bukanlah masalah utang peserta ke BPJS Kesehatan, tetapi utang peserta BPJS ke negara. Pasalnya anggaran berjalan program BPJS juga bersumber dari APBN.

Pihak BPJS Kesehatan tak mungkin menghapuskan utang peserta. Tiap peserta yang menunggak bakal dicatat. Belum lagi jika sudah memakai BPJS dan ikut perawatan karena sakit, maka biaya tersebut akan kena puluhan sampai raturan juta.

BPJS Kesehatan mempunyai motto gotong royong yang dibangun bersama demi melancarkan program BPJS. Maka dari itu terdapat regulasi untuk membayar iuran. Karena akan timpang sendiri jika harus dilayani di rumah sakit namun tak membayar iuran alias menunggak.

 
Keywords : bpjs,bpjs ketenagakerjaan,bpjs kesehatan,berita bpjs,kartu bpjs,berita tentang bpjs kesehatan