Sebagai tindakan preventif, mobil sering kali diasuransikan pemiliknya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pada umumnya, mobil dapat dilindungi asuransi dalam hal kehilangan ataupun kerusakan kendaraan. Akan tetapi, ada beberapa kondisi tertentu yang membuat mobil Anda tidak bisa diklaim asuransinya. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

1. Penggunaan Kendaraan

Umumnya, asuransi tidak akan bisa diklaim jika penggunaan kendaraan Anda tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Dalam hal ini adalah jika kerusakan mobil Anda diakibatkan oleh kegiatan karena mengikuti karnaval ataupun lomba. Selain itu, kendaraan pribadi yang dijadikan kendaraan komersial juga asuransinya tidak bisa diklaim. Pasalnya, ada polis asuransi tersendiri untuk beberapa hal diatas jika memang kendaraan Anda ingin dilindungi asuransi.

2. Komponen Kendaraan Aus

Komponen mobil yang aus atau tidak layak jalan tidak bisa mendapat klaim asuransi. Pihak asuransi akan bekerja sama dengan bengkel untuk melihat kondisi mobil tersebut. Jika kendaraan terbukti tidak laik jalan, maka asuransi tidak akan bertanggung jawab atas kendaraan tersebut. Akan tetapi, jika pihak asuransi tidak bisa membuktikan bahwa asuransi tersebut tidak laik jalan, pihak asuransi akan bertanggung jawab atas mobil Anda.

3. Kelebihan Muatan dan Kondisi Sopir.

Kecelakaan akibat kelebihan muatan tidak bisa dilindungi asuransi. Hal itu karena si pengguna mobil tidak menggunakan dan menaati peraturan yang ada sebagaimana mestinya. Contohnya, kendaraan yang diperuntukan hanya bisa memuat 8 orang namun diisi sampai 10 orang. Selain itu, kondisi sopir saat berkendara juga menjadi pertimbangan. Sopir yang dalam kondisi mabuk atau berada di dalam pengaruh alkohol tidak akan dilindungi oleh asuransi.

4. Kehilangan Mobil karena Pengaruh Hipnotis

Kehilangan akibat pengaruh hipnotis tidak akan dilindungi asuransi. Pasalnya, pemilik mobil tidak dalam kondisi sadar dan akan sulit untuk membuktikan kejadian tersebut. Walaupun menjadi bagian dari tindakan kejahatan, hipnotis tetap tidak bisa dilindungi oleh asuransi.

5. Kerusakan

Kerusakan yang terjadi pada mobil dapat dilindungi asuransi jika memenuhi standar kerusakan. Pasalnya, jika kerusakan akibat kecelakaan hanya pada bagian pelek ataupun ban, asuransi tidak akan bisa diklaim. Akan tetapi, jika kerusakan itu meliputi sampai ke badan mobil hingga pelek dan ban pada kejadian yang sama, maka asuransi akan melindungi mobil Anda secara penuh.

Asuransi kendaraan memang penting dimiliki oleh pemiliki mobil sebagai tindakan preventif. Selain itu, pihak asuransi pun bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan pembayaran iuran bulanan agar pengguna jasa asuransi kendaraan dapat dengan mudah membayar iuran bulanan mereka. Salah satu perusahaan fintech yang bekerja sama dengan berbagai pihak asuransi untuk melindungi mobil Anda adalah DavestPay.

DavestPay merupakan platform dari PT Hensel Davest Indonesia (HDI) yang merupakan perusahaan fintech terintegrasi. Pembayaran melalui DavestPay diklaim sangat mudah karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja 24 jam penuh melalui smartphone Anda.

 
Keywords : Davestpay,asuransikendaraan,pembayaranonline,paymentonline,ppob,aplikasiterbaik,bayarmudah,manfaatasuransi,asuransi,fintech,technology