Berdasarkan penelitian dari PwC pada 2100 UKM di 14 negara yang ada di Amerika Latin, Amerika Utara, Asia, serta Eropa menemukan bahwa makin banyak usaha kecil yang mau berinteraksi dengan penyedia jasa asuransi secara online.

Terdapat 36% diantaranya mengemukakan rencana untuk membeli asuransi online pada waktu dekat ini. Sementara 48% berencana membeli asuransi online pada waktu lima tahun yang akan datang. Gero Matouscheck selaku EMEA insurance leader PwC Strategy menuturkan bahwa terdapat kemungkinan bahwa pasar asuransi UKM bakal berubah total demi mengikuti transformasi digital yang tengah terjadi pada bidang asuransi perlindungan diri selama 10 tahun belakangan.

 Sekitar 43% usaha kecil di Inggris mengungkapkan bahwa sudah membeli asuransi dengan online, daripada dengan rata-rata 24% usaha kecil lainnya secara global. Terdapat dua yang wajib ditanggapi. Pertama yaitu dalam menjembatangi kesenjangan digital pada tahapan komunikasi serta pelaksanaan, dan kedua yaitu menjembatani kesenjangan pada sebuah segmen yang terlihat kurang diperhatikan selama ini.

Tak ada satu solusi yang tepat untuk seluruh perusahaan. Bakal dibutuhkan jawaban yang bersifat spesifik pasa dan spesifik asuransi tentang kebutuhan dari nasabah. Sama halnya dengan sector retail, salah satu pilihannya yakni menaikkan layanan yang ada sekarang ini menjadi penawaran yang multijalur sesungguhnya dengan mendukung penjualan yang ada dan komunikasi melalui jalur digital.

Bukan hanya itu, terdapat peluang demi membangun penawaran asuransi digital terintegrasi yang sungguh-sungguh baru.

 
Keywords : asuransi,ukm,asuransi ukm