Perkembangan dari teknologi dan internet sekarang ini sangatlah pesat. Ini dikarenakan kemudahan yang diberikan oleh layanan berbasis digital sudah mengubah gaya hidup masyarakat. Digitalisasi memang sudah tidak dapat terbendung lagi.

Kali ini, perlahan tapi pasti, industri konvensionalpun mulai membuka diri, bahkan memiliki layanan digital, termasuk industri asuransi. Dari survei yang ada, sebanyak 90% perusahaan asuransi dalam negeri mengaku bakal bertransformasi lewat pengembangan infrastruktur TI dalam waktu 18 bulan yang akan datang.

Fakta itu memperlihatkan betapa tingginya kesadaran perusahaan asuransi demi beralih ke era digital. Termasuk yang telah bertranformasi yakni Asuransi Astra dengan layanan Garda Oto Digital. Sekarang ini, layanan perlindungan demi kendaraan tersebut sudah memiliki program dengan tema #MakinGampang. Pengguna dapat mengakses program itu lewat laman gardaoto.com.

Terdapat ada 6 kunci teknologi yang menjadi tren digitalisasi pada industri ini, antara lain:

Pertama, infrastruktur dan produktivitas. Banyak perusahaan asuransi yang bakal mempertimbangkan memakai jaringan cloud computing ataupun komputasi awan sebagai pilihan terbaik dalam pemrosesan, penyimpanan data, dan pengumpulan.

Kedua, teknologi penjualan online. Melalui inovasi ini, perusahaan asuransi bisa menargetkan, menganalisis, mengidentifikasi kelompok pengguna atau pelanggan.

Ketiga, advance analytics atau analisis lebih mendalam. Dengan adanya teknologi ini, perusahaan asuransi bisa mengetahui data lebih rinci mengenai kebutuhan dan preferensi dari pelanggan.

Keempat, machine learning. Lewat teknologi ini, seluruh sistem informasi bakal terkumpul menjadi sebuah data baru, tanpa membutuhkan pemrograman ulang. Penyedia jasa asuransi pun bisa memakai teknologi tersebut demi membuat laporan pertanggungjawaban, mengelola klaim polis asuransi, dan daftar harga.

Kelima, internet of thing. Pengaplikasian teknologi ini bakal berbentuk perangkat yang bisa dipasang di rumah, mobil, dan gedung. Dengan demikian, perusahaan asuransi bisa mengetahui data penggunaan barang yang diasuransikan.

Keenam, virtual reality. Penyedia layanan asuransi bisa memakai VR demi membuat gambar tiga dimensi dari sebuah ruangan atau merekonstruksi sebuah kecelakaan secara detail.

 
Keywords : asuransi,asuransi murah,bayar asuransi