Akhir-akhir ini, dikabarkan adanya seorang petinggi perusahaan asuransi di Indonesia yang menjadi tersangka. Status hukum ini ditetapkan oleh kepolisian usai memproses laporan nasabah yang kecewa sebab klaim asuransi di perusahaan berakhir gagal.

Untuk seorang nasabah ataupun perusahaan asuransi, klaim atas kerugian adalah hal yang sangat krusial. Nasabah yang berkepentingan supaya kerugian yang di derita bisa dialihkan ke perusahaan asuransi. Sementara perusahaan asuransi berkepentingan supaya klaim itu benar adanya, bukan klaim aspal.

Usia perusahaan

Asuransi dari perusahaan asuransi yang berdiri setahun ataupun dua tahun terakhir, pastinya tak lebih  baik dari perusahaan asuransi yang sudah berusia puluhan tahun. Karena perusahaan itu sudah terbukti dapat beroperasi dengan baik dan menjaga kepercayaan nasabah. Namun bukan berarti perusahaan yang sudah lama berdiri adalah perusahaan yang sehat dan baik, jadi gunakan kriteria.

Memiliki reputasi yang baik

Pasti akan memilih dalam menitipkan risiko hidup pada sebuah perusahaan asuransi yang kredibel dan mempunyai reputasi yang baik. Dengan demikian, lebih baik yakin bahwa uang tak akan disalahgunakan oleh perusahaan asuransi itu.

Cobalah untuk mencari tahu reputasi perusahaan asuransi itu lewat teman sampai dengan menelisik jejak digitalnya dalam mengelola polis asuransi sampai membayar klaim nasabah. Jika sudah dianggap baik, maka pilihlah. Apabila banyak complain dan kekecewaan, lebih baik hindari perusahaan itu dan coretlah dari daftar pilihan.

Premi murah namun tak murahan

Premi yang bagus bukan berarti haruslah mahal. Premi yang baik mestinya ekonomis, namun mempunyai manfaat yang lengkap. Jangan malas untuk membandingkan beberapa produk yang sepadan dari beberapa perusahaan asuransi supaya mendapat produk yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Perhatikan kriteria khusus perusahaan asuransi

Terdapat kriteria yang khusus untuk perusahaan asuransi berkinerja baik yang butuh diperhatikan, yaitu Rasio Risk Based Capital (RBC), Rasio Likuiditas, cadangan teknis plus utang klaim, besarnya dana jaminan, serta rasio beban klaim. Kenalilah masing-masing kriteria itu. Apabila kriteria itu terpenuhi, perusahaan asuransi itu layaknya dipilih.

 
Keywords : asuransi,asuransi murah,asuransi bagus