Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya keberadaan perlindungan finansial meningkatkan jumlah orang yang mau berasuransi. Namun jangan dengan pengetahuan minim tentang asuransi, lantas cepat-cepat ingin bergabung tanpa tahu ketentuan dan cara menggunakannya. Banyak orang yang akhirnya justru mengalami kesulitan finansial di masa yang akan datang. Berikut ini deretan kesalahan dalam berasuransi yang akan menyulitkan keadaan di masa yang akan datang, antara lain:

Tidak paham tentang asuransi

Banyak agen asuransi yang bakal menawarkan untuk masuk menjadi anggota asuransi. Jika ditolak, pasti agen tersebut akan gigih dan terus mencoba untuk menjadi anggota asuransi. Karena sudah tak tega, maka akhirnya termakan bujukan agen dan mengikuti asuransi padahal tidak tahu dan belum membutuhkan asuransi tersebut. Jika memang sudah memutuskan untuk bergabung, maka yang harus dilakukan yaitu mengetahui dengan rinci ketentuan yang ada sebab setiap asuransi akan memiliki ketentuan yang tak sama. Contohnya memutuskan untuk bergabung pada asuransi kesehatan, maka yang harus diketahui adalah mekanisme klaim asuransi, penyakit apa saja yang akan ditanggung, bagian tubuh apa yang akan mereka tanggung, dan semua hal detail lainnya. Dengan demikian, tak akan ada penyesalan yang akan terjadi kedepannya jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

Sesuaikan dengan pendapatan

Jangan bersikap sembrono dengan tak menyesuaikan pendapatan saat memilih untuk berasuransi. Hal ini akan menciptakan beban ketika membayar biaya setiap bulannya. Jangan sampai karena asuransi, kebutuhan sehari-hari terganggu dan tak terpenuhi karena beban iuran per bulannya. Yang perlu diperhatikan pula yakni ketahui hak dan kewajiban dalam berasuransi sehingga uang yang masuk benar-benar dikelola dengan baik dalam asuransi.

Fasilitas free look

Jika ingin bergabung dalam sebuah asuransi, maka harus tentang adanya fasilitas free look. Fasilitas ini akan memberikan waktu tenggang. Sehingga bila tidak puas dengan polis yang diterima, ataupun salah dalam membeli asuransi, dapat membatalkan perjanjian dan perusahaan bakal mengembalikan total premi. Namun sebagian orang masih belum tahu tentang fasilitas ini. Lalu mereka terlambat untuk protes dan melakukan pembatalan tanpa adanya pengembalian premi.

 
Keywords : asuransi,asuransi kesehatan,bayar asuransi,asuransi murah