Beberapa klaim dapat dilakukan oleh konsumen apabila kendaraan yang diasuransikan terkena masalah. Misalnya saja kendaraan baik mobil ataupun motor yang terbakar. Laurentius Iwan Pranoto selaku Communication & Event Manager PT Asuransi Asta Buana menuturkan bahwa klaim yang dapat diajukan dan tidak oleh pihak asuransi yaitu harus dengan memperhatikan terlebih dahulu sebab akibatnya.

Cara untuk mengklaim asuransi karena kebakaran caranya terbilang sangatlah mudah, bisa dengan melaporkan kejadiannya pada call center asuransi yang terkait atau langsung mengunjungi kantor cabang terdekat.

Namun yang harus diperhatikan adalah pelaporan kerugian wajib dilakukan paling lambat lima hari kerja seusai kejadian, sebagaimana yang sudah tercantum di dalam polis. Lalu untuk mekanisme atau prosedur klaim asuransi, bisa disimak berikut ini.

Laporan kejadian

Demi kelancaran proses klaim, maka pastikan sudah mengumpulkan semua dokumen yang dibutuhkan terlebih dahuli, misalnya fotokopi STNK Kendaraan, fotokopi Polis Asuransi, fotokopi SIM pengemudi, dan surat keterangan dari kepolisian setempat. Untuk klaim seperti kehilangan keseluruhan kendaraan akibat perbuatan jahat wajib dilengkapi dengan surat Keterangan Kaditserse Kendaraan Hilang dari Polda, investigasi dari Lembaga Investigasi Independen, dan surat blokir STNK.

Survei kendaraan

Petugas survei bakal memeriksa segala kecacatan atau kerusakan serta menentukan rencana dari perbaikan yang akan dilakukan.

Surat perintah kerja

Hasil survei beserta rencana perbaikan bakal diproses dan hasilnya akan diberikan untuk pelanggan dalam bentuk SPK atau Surat Perintah Kerja

Perbaikan kendaraan

Pada tahap ini, kendaraan akan dibawa ke bengkel untuk mengambil tindakan perbaikan berdasarkan SPK yang telah dibuat. Ketika proses perbaikan sudah selesai, maka akan dihubungi kembali oleh pihak asuransi.

 
Keywords : asuransi mobil,asuransi traveling,tips liburan,tips asyik berlibur,liburan santai,tiket murah